Dec 23 2013

Obat Batuk Alami

Published by at 11:20 am under Perlu Diketahui

Batuk sejatinya bukan penyakit, melainkan gejala. Banyak batuk disebabkan oleh peradangan atau infeksi virus. Oleh karena itu, antibiotika bukan obat untuk mengobati batuk. Aneka herbal aman melegakan peradangan di saluran napas yang menyebabkan batuk.

Batuk adalah penyakit saluran napas yang paling banyak diderita. “Dalam sebuah klinik di Wonogiri, Jawa Tengah sampai bulan Desember 2011, batuk selalu berada sebagai penyakit dengan persentase penderita paling tinggi. Angka itu tidak juga berubah di Puskesmas,” kata Dr. Abrijanto dari  PT Deltomed Laboratories.

Batuk merupakan mekanisme tubuh kita untuk mengeluarkan bahan atau lendir dari paru-paru dan saluran pernapasan. Bisa juga batuk adalah sebuah reaksi dari saluran napas yang teriritasi. “Batuk itu adalah sebuah simtom, bukan penyakit. Batuk bisa disebabkan oleh peradangan, infeksi jamur atau virus. Bahkan batuk bisa merupakan simtom tumor atau kanker,” ujarnya.

Untuk batuk yang disebabkan peradangan, antibiotika bukanlah obat untuk mengatasinya. “Ada banyak bahan alami untuk mengatasi peradangan akibat batuk yang sebagian besar bisa ditanam di halaman rumah,” ujar Abdul Mun’im, MSi, PhD, ahli herbal dari Program Pascasarjana Herbal, Departemen Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.

Berikut ini aneka jenis herbal yang menjadi bahan obat batuk hitam yang sering jadi andalan bagi banyak orang. Aneka herbal itu memiliki aroma dari minyak atsiri yang sifatnya menghangatkan dan melegakan tenggorokan.

Jahe

Jahe memiliki sifat antiradang  yang bekerja menghambat prostaglandin, zat pembuat radang di dalam tubuh. “Jahe itu selain bermanfaat untuk mengatasi batuk juga meningkatkan imunitas. Saat ini sedang diadakan uji klinis manfaat jahe untuk mengatasi mual,” kata Mun’im.

Jahe membantu mengatasi batuk dan mendongkrak imunitas/Shutterstock


Kencur
Kencur bermanfaat mengatasi gangguan pernapasan. “Irisan kencur bermanfaat mengatasi tenggorokan gatal karena batuk,” ujar Mun’im.

Herba Timi
“Herba timi sudah diuji secara klinis di Belanda,” ungkapnya. Herba yang satu ini dikenal sebagai bahan pengencer dahak dan antikejang yang sudah lama digunakan sebagai obat batuk hitam. “Obat batuk hitam yang ada sekarang adalah resep yang sudah digunakan sejak jaman Belanda. Obat batuk hitam saat ini adalah modifikasi dari obat jaman Belanda,” imbuhnya.

Biji Pala

Herbal yang satu ini sudah turun temurun digunakan sebagai penenang alami.

Daun Mint

Daun mint yang segar bermanfaat mengencerkan lendir dan menurunkan ketegangan di paru-paru. Tenggorokan pun jadi lega karena daun mint.

Jeruk Nipis
Kandungan vitamin C terdapat di dalam jeruk nipis bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung hesperidin, zat antiperadangan yang menghambat sintesis prostaglandin.

Madu dan Meniran
Madu dan meniran bisa membantu mengatasi batuk dengan meningkatkan daya tahan tubuh. “Peradangan itu ada hubungannya dengan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang rendah akan membuat tubuh mudah terkena infeksi. Kalau sudah terkena infeksi, dibutuhkan antibiotika. Dengan demikian kita menghindari diri dari penggunaan antibiotika yang tidak perlu. Bahan-bahan alami antiradang ini membantu mengobati obat dari gejala utamanya, yaitu peradangan,” jelas Mun’im.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*