Archive for December 23rd, 2013

Dec 23 2013

Obat Batuk Alami

Published by under Perlu Diketahui

Batuk sejatinya bukan penyakit, melainkan gejala. Banyak batuk disebabkan oleh peradangan atau infeksi virus. Oleh karena itu, antibiotika bukan obat untuk mengobati batuk. Aneka herbal aman melegakan peradangan di saluran napas yang menyebabkan batuk.

Batuk adalah penyakit saluran napas yang paling banyak diderita. “Dalam sebuah klinik di Wonogiri, Jawa Tengah sampai bulan Desember 2011, batuk selalu berada sebagai penyakit dengan persentase penderita paling tinggi. Angka itu tidak juga berubah di Puskesmas,” kata Dr. Abrijanto dari  PT Deltomed Laboratories.

Batuk merupakan mekanisme tubuh kita untuk mengeluarkan bahan atau lendir dari paru-paru dan saluran pernapasan. Bisa juga batuk adalah sebuah reaksi dari saluran napas yang teriritasi. “Batuk itu adalah sebuah simtom, bukan penyakit. Batuk bisa disebabkan oleh peradangan, infeksi jamur atau virus. Bahkan batuk bisa merupakan simtom tumor atau kanker,” ujarnya.

Untuk batuk yang disebabkan peradangan, antibiotika bukanlah obat untuk mengatasinya. “Ada banyak bahan alami untuk mengatasi peradangan akibat batuk yang sebagian besar bisa ditanam di halaman rumah,” ujar Abdul Mun’im, MSi, PhD, ahli herbal dari Program Pascasarjana Herbal, Departemen Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.

Berikut ini aneka jenis herbal yang menjadi bahan obat batuk hitam yang sering jadi andalan bagi banyak orang. Aneka herbal itu memiliki aroma dari minyak atsiri yang sifatnya menghangatkan dan melegakan tenggorokan.

Jahe

Jahe memiliki sifat antiradang  yang bekerja menghambat prostaglandin, zat pembuat radang di dalam tubuh. “Jahe itu selain bermanfaat untuk mengatasi batuk juga meningkatkan imunitas. Saat ini sedang diadakan uji klinis manfaat jahe untuk mengatasi mual,” kata Mun’im.

Jahe membantu mengatasi batuk dan mendongkrak imunitas/Shutterstock

Continue Reading »

No responses yet

Dec 23 2013

Rileksasi Tubuh dan Pikiran

Published by under Motivasi

Dalam buku Ten Minute Stress Relief, Erica Brealey memberikan trik rileksasi dalam yang berguna untuk membuat tubuh dan pikiran rileks, tenang.
Teknik rileksasi ini berdasarkan pada yoga dengan pose savasana. Bertujuan untuk membuat tenang pikiran dan tubuh melalui proses melepaskan ketegangan otot di setiap bagian tubuh.
Rileksasi dengan cara ini akan membantu mengenyahkan kelelahan, meredakan stres, dan simtom terkait stres seperti sakit kepala, migren, dan insomnia.
Berikut adalah teknik yang dilakukan dalam rileksasi dalam.

1. Berbaring dengan posisi telentang.
2. Pejamkan mata dan fokus pada napas Anda
. Tarik napas dalam dan perlahan, hitung hingga empat, lalu hembuskan empat hitungan. Lakukan terus hingga napas Anda menjadi ringan dan rileks.
3. Kemudian alihkan perhatian untuk melepaskan ketegangan dengan secara sadar membuat rilek setiap bagian tubuh. Pertama, pusatkan perhatian pada kaki selama beberapa saat. Rileks sedalam mungkin lalu pindahkan kesadaran ke bagian betis dan ulangi proses tersebut.

Continue Reading »

No responses yet

Dec 23 2013

7 Menit to OR

Published by under Motivasi

Tidak ada waktu untuk berolah raga, karena dikejar deadline, bertemu klien, dan lain sebagainya, menjadi alasan yang paling sering dikemukakan. Akibatnya bisa ditebak. Anda jadi selalu mangkir berolah raga. Sebelum bolos olah raga, coba pertimbangkan untuk berlatih selama tujuh menit. Tujuh menit? Iya, tujuh menit saja!

Menurut Chris Jordan, tujuh menit adalah jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan program latihan intensitas tinggi. Waktu selama tujuh menit ini dirancang Chris guna membantu kliennya menurunkan berat badan dan tentu saja menjadi bugar. Latihan ini hanya terdiri dari beberapa gerakan dengan pengulangan sebanyak 2-3 kali.

Hasilnya? Selama tujuh menit, Anda akan berkeringat! Otot pun akan banyak dilatih dan beberapa merasakan sakit di hari berikutnya.

Selain waktu yang demikian singkat, hal lain yang Anda butuhkan hanyalah ruangan kecil, sebuah kursi, dan beban tubuh Anda sendiri. Latihan ini, disebutkan CNN Health, berkembang pesat karena efisien dan praktis bagi mereka yang terbatas waktu.

Program latihan ini, ditulis Chris dalam American College of Sports Medicine's Health 7 Fitness Journal. Kombinasi dari aerobik dan latihan beban dengan intensitas ringgi, dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan dengan waktu sedikit ketimbang program tradisional.

Sebelum memulai latihan, perlu diingat untuk melakukan ulangan sebanyak mungkin di setiap gerakan dalam waktu 30 detik, dan beristirahat 10 detik di antaranya. Lalu ulangi 2-3 kali.

Berikut adalah latihan yang diberikan oleh Chris, yang juga direktur fisiologi olahraga di Human Performance Institute.

1. Jumping jacks. Posisi berdiri lalu melompat dengan posisi kaki ke arah samping dan kedua tangan diangkat ke atas. Lakukan gerakan tersebut selama 30 detik.

2. Skuat dengan menopang pada dinding. Latihan ini berguna untuk tubuh bagian bawah. Posisi seperti duduk dengan punggung bersandar pada dinding dan kedua kaki selebar bahu. Tangan dilipat di depan dada, lalu turun secara perlahan, lalu kembali naik.

3. Push up. Berguna untuk melatih tubuh bagian atas.

Continue Reading »

No responses yet