Nov 28 2013

Rumah Rp 10 Ribu

Published by at 8:33 am under Perlu Diketahui

Palembang - Bukalah uang Rp 10.000 Anda. Lihatlah salah satu sisinya, ada gambar Rumah Limas yang luas dan berbentuk rumah panggung. Di Museum Balaputra Dewa, Palembang, ini dia penampakan asli Rumah Limas tersebut!

Rumah Limas di Museum Balaputra Dewa yang ada di gambar uang Rp 10 ribu (Afif/detikTravel)

Tahukah Anda, beberapa gambar di pecahan uang kertas rupiah adalah destinasi wisata. Di uang Rp 1.000 ada Pulau Maitara yang ada di antara Pulau Ternate dan Tidore, hingga Danau Beratan di Bedugul, Bali di uang Rp 50.000. Di uang Rp 10.000, ada gambar Rumah Limas yang ternyata benar-benar ada di Sumatera Selatan.

Rumah Limas tersebut ada di dalam Museum Balaputra Dewa atau dikenal juga dengan nama Museum Negeri Sumatera Selatan. Rumahnya berada di bagian paling belakang Museum Balaputra Dewa yang beralamat di Jl Srijaya Negara I No 288, Palembang. Tiket masuknya pun hanya Rp 2.000 saja.

"Inilah Rumah Limas yang ada di uang Rp 10.000," kata pemandu setempat, Khotman Ghani kepada detikTravel di Museum Balaputradewa, Palembang di sela-sela pagelaran Festival Musi Triboatton 2013, Jumat (22/11/2013) lalu.

Benar saja, saat itu Khotman mengeluarkan uang Rp 10 ribu dan mengajak wartawan melihat uang yang ada gambar Rumah Limas dan rumahnya yang asli dalam satu garis lurus. Wow, benar-benar mirip!

Beberapa rombongan wartawan pun sibuk memotret Rumah Limas tersebut. Khotman pun terus menjelaskan Rumah Limas yang sebenarnya adalah rumah asli masyarakat Palembang di masa lalu dan beberapa masih ada hingga sekarang.

"Kalau yang di Museum Balaputra Dewa ini umurnya sudah 300 tahun dan dulunya rumah ini digunakan oleh Sultan Batun. Keasliannya masih terjaga dan hanya sedikit saja yang direnovasi. Selain di sini, memang masih ada beberapa rumah limas, tapi ya kebanyakan sudah dimodifikasi," ungkap Khotman.

Rumah Limas berusia 300 tahun yang bersejarah (Afif/detikTravel)

Bangunan Rumah Limas yang terbuat dari kayu (Afif/detikTravel)

Bagian dalam Rumah Limas yang luas dan sejuk (Afif/detikTravel)

Kursi kayu yang pernah diduduki Ratu Beatrix dari Belanda dan Pangeran William (Afif/detikTravel)

Tak hanya melihat dari luar, Khotman lalu mengajak rombongan wartawan masuk ke dalam Rumah Limas yang terbuat dari kayu ini. Begitu masuk ke dalam rumahnya, suasana sejuk sangat terasa meski cuaca di luar sedang terik.

"Rumah Limas memang bertingkat-tingkat. Tapi itu bukan untuk menentukan kasta, melainkan biasanya yang di bawah itu letaknya untuk anak muda dan di atas orang tua. Biasanya kan anak muda kalau ngumpul-ngumpul begitu suka berisik," tutur Khotman.

Bagian dalam Rumah Limas adalah ruang tamu, ruang tengah, dan beberapa kamar. Uniknya, di sana juga ada timbangan sebagai bukti kesetian pria dan wanita saat hendak menikah.

"Timbangan ini biasanya ditaruh tangan keduanya sampai seimbang timbangannya. Yang spesial, meja di ruang tamu ini pernah diduduki oleh Ratu Beatrix dari Belanda dan Pangeran William. Kalau tidak salah sekitar tahun 1993," kata Khotman.

Sebagian isi Rumah Limas di sini sudah dipindahkan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Meski begitu, siapa pun wisatawan yang datang ke Rumah Limas masih bisa mendapat banyak informasi. Selamat berkunjung ke Rumah Limas yang ada gambarnya di uang Rp 10 ribu.

Sumber

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*