Oct 23 2012

Maeman Diwaspadai

Published by at 8:59 am under Perlu Diketahui

Berhati-hatilah dengan beragam bentuk makanan yang ada dihadapan Kita.

Karena, tidak semua makanan yang Kita komsumsi benar-benar nikmat hingga akhirnya. Seperti si buah asli dari tanah Asia, Durian.

Durian adalah buah favorite yang sangat luar biasa. Buah durian dengan rasa manis dan bau yang sangat wangi. Uenak tenan, durian emang buah yang sangat luar biasanya enak banget. jika ada yang bilang buah durian itu menjijikan itu merupakan hal yang sangat keliru sekali. Durian mempunyai banyak jenis antara lain durian montong, durian merah dll.

Buah berduri ini dikenal memilik bau yang sangat menyengat. Selain menyengat, buah ini juga memiliki kandungan alkohol, yang bisa membuat sang penikmatnya beresiko mengalami kematian mendadak.
Untuk itu, sebelum menikmati si buah penggoda ini, ketahuilah dahulu kondisi tubuh Kita. Jangan mencobanya, jika Kita masih memiliki tekanan darah tinggi yang diatas rata-rata.

Selain, Durian masih ada empat makanan mematikan yang wajib Kita waspadai di daratan Asia, seperti:

1. Otak Monyet (Cina)

Apabila anda memakan otak monyet mungkin bisa beresiko terinfeksi yang sama dengan penyakit yang ditimbulkan oleh sapi gila.

2. Sup Kelelawar (Thailand)
Daging kelelawar dan Tikus dapat mengandung bakteri parasit atau patogen yang dapat mengakibatkan penyakit serius, yang mungkin pada suatu saat anda hanya bisa menyalahkan tukang masaknya.

3. Blood Clams (Cina)

Kerang merupakan salah satu makanan yang cukup berbahaya dan kerang ini diklaim dapat menyebabkan orang yang mengkonsumsinya terkena hepatitis A. Sekitar tahun 1988 kurang lebih dari 310.000 penduduk Shanghai Terinfeksi Hepatitis A karena memakan kerang ini. Kerang ini dijual di Pasar gelap di daerah Shanghai dengan harga yg cukup tinggi.

4. Ikan Buntal (Jepang)
Dikenal sebagai Fugu hanya bisa dimasak oleh chef jepang, yang hanya memilki lisensi tertentu. Ini dikarenakan hati ikan unik ini banyak sekali mengandung racun mematikan, yang dapat membunuh anda setiap saat.

Sumber

---

Doyan Durian, Ini Tipsnya


Anda penyuka buah durian? Hampir setiap orang mengaku sangat menyukai buah berkulit duri tebal tapi berdaging manis dan wangi ini. Tapi ada sebagian orang yang justru menghindarinya, apalagi kalau mereka mempunyai rekod darah tinggi, meskipun sebetulnya sangat menggemari. Mereka khawatir 'mabuk durian'berdampak pada tensi darah mereka.

Sebenarnya jangan terlalu khawatir jika memakan durian dapat memicu tensi darah. Ada tiga tips, agar aman dari darah tinggi ketika mengkonsumsi durian.

Kepala Seksi Kebun Koleksi, Taman Wisata Mekarsari, Joko Sugono mengungkap ada tiga cara untuk menetralisir dampak dari mengkonsumsi durian.

"Pertama, yang pasti jangan kalap," kata dia saat berbincang dengan Republika.co.id, Rabu (22/2).

Kedua, manfaatkan rongga kulit durian yang terkelupas. Lalu isi rongga itu dengan air. Diamkan air itu beberapa saat. Lalu segerakan diminum. "Jadi, air ini tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan bau durian saja," kata dia.

Ketiga, konsumsi Manggis. "Habis makan durian, lalu konsumsilah Manggis. Kandungan vitaminnya dapat menetralisir," kata dia. penawaran.

"Namun, diantara cara tadi, yang paling bagus itu, ya air dari kulit durian tadi," pungkas dia.

Sumber

---

Durian, Sang Raja Buah dengan Segudang Manfaat Sehat

“Smells like hell, but tastes like heaven..”

Itulah ungkapan singkat yang dilontarkan seorang turis asing setelah mencicipi buah durian asli Indonesia. Di Indonesia sendiri tidak sedikit yang menutup hidung dari aroma khas buah durian. Namun tak sedikit pula yang ketagihan setelah mencicipi ke’dahsyat’an rasanya.

Pohon durian merupakan tanaman liar yang berasal dari hutan Sumatra, kalimantan, dan Malaysia. Nama durian sendiri diambil dari karakteristik buahnya yang memiliki kulit rapat berduri dengan nama latin Durio zibenthinus Murr
Soal rasa, tidak ada yang bisa ‘mangkir’ dari kelezatan buah berduri yang satu ini.

Bahkan seorang naturalis bernama Alfred Russel Wallace mengatakan bahwa durian adalah buah yang mirip puding dan diperkaya dengan rasa almond, kadang-kadang seperti es krim rasa keju, bercampur saus bawang, anggur, dan bermacam rasa yang unik.
Kandungan Gizi Durian

Selain mendapat julukan ‘The King of Fruit’ durian juga mendapatkan julukan sebagai buah ‘bintang lima’ karena kandungan gizinya yang lengkap dibanding buah yang lain. Di antara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga ada zat gizi utama seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein.

Menurut tim peneliti dari Ohio State University, phytonutrient yang terkandung dalam buah durian diklaim mampu mematikan zat penyebab kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, diabetes, serta penyakit jantung.
Durian juga diperkaya dengan polifenol dan antioksidan seperti vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah durian bisa mencapai 200 mg/100 gr daging buah. Angka tersebut merupakan nilai tertinggi kandungan vitamin C pada buah.

Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo juga memberikan catatan penting tentang kandungan durian. Berdasarkan hasil riset mereka, kandungan zat phytosterol dalam durian berguna antara lain untuk memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, memperbaiki daya tahan tubuh terhadap serangan kanker, dan membantu menghambat pertumbuhan tumor.
Manfaat Kesehatan Buah Durian

Selain rasa memiliki rasa yang nikmat dan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, buah durian juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tak kalah pentingnya, seperti:

Mencegah Penuaan Dini
Vitamin C yang terkandung dalam durian merupakan bahan baku pembuatan kolagen. Seperti kita ketahui bahwa kolagen adalah faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligamen.

Mencegah Depresi

Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam buah durian juga dapat membantu memproduksi hormon serotonin. Hormon penting yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik sehingga mencegah Anda dari risiko stres dan depresi.

Meningkatkan Kemampuan Otak
Sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris, menyebutkan bahwa 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah cukup pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Hasilnya, lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajaran dan lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diberikan.

Obat Tidur Alami
Bagi Anda yang susah tidur dan jarang mendapatkan tidur berkualitas, mungkin mengonsumsi durian bisa menjadi solusi alternatif yang tepat. Kandungan amino triptofan dalam durian dapat meringankan kecemasan, insomnia, dan menciptakan perasaan euforia dengan cara meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur yang bekerja sama dengan zat lain yakni melatonin.

Lantas bagaimana dengan rumor yang beredar bahwa durian dapat membahayakan kesehatan?

Buah durian dapat mengganggu kesehatan jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Bahkan bisa mengakibatkan kematian jika Anda mengonsumsinya bersama dengan minuman beralkohol. Agar buah durian dapat dirasakan manfaat sehatnya, cukup konsumsi 100-200 gr saja sekali makan.

So, mengapa musti takut mengonsumsi durian? (dan)

Sumber

---
Manfaat Sehat di Balik Segarnya Jeruk Nipis

Apa yang Anda rasakan saat mengonsumsi buah jeruk? Rasa yang segar dengan luapan semangat tentunya. Kandungan nutrisi buah citrus seperti jeruk telah dikenal di seluruh dunia. Buah jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan flavonoids, salah satu antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker dan serangan jantung.

Kandungan flavonoids tertinggi buah jeruk berada di antara kulit dan buahnya yakni pada bagian mesocarp, yang menyerupai spons dan benang berwarna putih. Itulah mengapa bagian ini wajib Anda konsumsi saat Anda mengonsumsi buah jeruk.

Naringenin, adalah salah satu zat aktif yang ada dalam flavonoids yang terkandung dalam seluruh famili jeruk dan tomat. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan naringenin tersebut dapat mencegah pertumbuhan tumor dengan cara memperbaiki deoxyribose nucleic acid atau yang akrab disebut dengan DNA .

Sebuah percobaan yang dilakukan pada seekor tikus menunjukkan bahwa kandungan naringenin juga dapat membantu proses pembakaran lemak berlebih dengan cara menstimulasi metabolisme liver (organ hati). Naringenin juga diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (HDL).
Jeruk Nipis

Semua famili citrus memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan. Salah satu jenis jeruk yang paling sering dikonsumsi adalah jeruk nipis. Meski tidak banyak yang mengonsumsinya secara langsung karena rasanya yang terlalu asam, sari jeruk nipis memiliki khasiat yang hebat bagi kesehatan, khususnya bagi Anda yang sedang mencari pengobatan herbal.

Sari jeruk nipis mengandung minyak limonene dan linalool, flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Sedangkan jeruk nipis yang sudah matang memiliki kandungan synephrine dan N-methyltyramine, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C.

Sebagai herbal alami, jeruk nipis berkhasiat untuk meredakan batuk, peluruh dahak (mukolitik), peluruh kencing (diuretik) dan keringat, serta membantu proses pencernaan.

Berikut 5 cara mengolah jeruk nipis menjadi obat herbal seperti dilansir kompas.com

Mengatasi Wasir
Ambil 10 gr akar pohon jeruk nipis. Cuci bersih lalu rebus dengan air mendidih selama 30 menit dan saring. Minum dalam keadaan hangat tiga kali sehari.

Amandel
Cuci 3 kulit jeruk nipis. Potong-potong menjadi bagian kecil lalu rebus dengan 2 gelas air mendidih hingga tersisa ¾ nya kemudian saring. Dalam keadaan hangat gunakan air tersebut untuk berkumur, 3-4 kali sehari.

Meredakan Batuk
Siapkan segelas air hangat. Peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring. Minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk Anda.

Mencegah Bau Badan
Potong satu jeruk nipis berukuran besar menjadi dua bagian. Olesi bagian dalam jeruk dengan kapur sirih. Oleskan di ketiak setelah mandi. Diamkan selama 5 menit lalu bilas.

Meringankan Radang Tenggorokan
Potong 3 buah jeruk nipis yang sudah masak lalu peras. Seduh sari jeruk nipis dengan air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan aduk rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit saat air dalam keadaan hangat. Ulangi 3 kali sehari. (dan)

Sumber

---
Khasiat Jus Jeruk Bagi Kesehatan

Jus jeruk adalah minuman populer yang terbuat dari buah jeruk yang diekstrak menjadi minuman yang sehat dan segar. Jus jeruk memiliki aroma yang menyegarkan dan menggugah selera sehingga banyak disuka semua kalangan. Di samping cara pembuatannya yang mudah, jus jeruk juga mengandung banyak zat gizi yang tak kalah hebatnya dengan buah lainnya.

Apa Yang Bisa Diberikan Jus Jeruk Pada Anda?
Apakah Anda termasuk orang yang suka jus jeruk? Jika iya, Anda bisa berlega hati. Pasalnya, dengan minum jus jeruk tiap hari Anda bisa mengurangi beberapa risiko penyakit. Selain kaya akan vitamin C, jus jeruk juga mengandung magnesium yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, jus jeruk juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda Dari Serangan Berbagai Penyakit di sini!


Mengonsumsi jus jeruk setiap hari dapat mengurangi perkembangan batu ginjal…

Kandungan asam folat yang terdapat pada jus jeruk juga penting untuk perkembangan otak Anda, sedangkan kandungan kalium yang tinggi membantu menjaga peredaran darah tetap sehat. Jus jeruk juga mengandung thiamin yang membantu proses perubahan makanan menjadi energi.

Karotenoid dalam jus jeruk adalah antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas yang berbahaya. Karotenoid juga mencegah penuaan dini. Fitonutrien dalam jus jeruk membantu nutrisi untuk berfungsi lebih efektif. Jus ini kaya akan vitamin B6 yang meningkatkan pengolahan karbohidrat dan protein dalam makanan. Vitamin B6 juga meningkatkan produksi hemoglobin yang bertanggung jawab untuk membawa darah ke seluruh bagian tubuh.

Mengonsumsi jus jeruk setiap hari dapat mengurangi perkembangan batu ginjal. Kandungan serat dalam jus jeruk juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Jus jeruk mengandung gula alami dan fruktosa yang mengontrol kadar gula darah meningkat setelah makan.

Jus Jeruk Bagi Diet Anda
Anda ingin menurunkan berat badan? Jus jeruk solusinya! jus jeruk murni tanpa gula, memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan minuman bersoda. Singkirkan minuman bersoda yang tinggi kalori, ganti dengan jus jeruk yang memiliki rasa lebih segar dan lebih sehat. Anda bisa konsumsi jus jeruk setelah makan ataupun untuk mengisi waktu makan snack Anda. Cara ini bisa mencegah rasa lapar sehingga Anda tidak terdorong untuk makan dalam porsi yang lebih besar.

Begitu banyak khasiat jus jeruk yang menguntungkan bagi kesehatan Anda. Jika Anda ingin sehat , mulailah mengonsumsi jeruk hari ini. Ajak keluarga Anda untuk menikmati kesegaran alami jus jeruk setiap hari dan dapatkan manfaat sehatnya!

Sumber

---
Yang Perlu Anda Ketahui di Balik Segarnya Buah Kelapa

Lebih dari separuh penduduk dunia menyukai buah segar yang satu ini. Buah kelapa! Di Indonesia yang beriklim tropis, buah kelapa mudah sekali ditemukan. Bahkan di daerah pedesaan, setiap keluarga bisa memiliki lima hingga enam pohon kelapa di perkebunan mereka.

Buah kelapa yang sudah tua sering digunakan sebagai bahan untuk memasak. Sedangkan buah kelapa yang masih muda bisa dikonsumsi secara langsung dan kandungan airnya yang segar bisa digunakan sebagai pelepas dahaga.
Kandungan Buah Kelapa

Buah kelapa yang sudah tua memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Setiap 100 gram daging kelapa tua mengadung sekitar 350 kalori. Sedangkan untuk buah kelapa yang masih muda, kandungan kalorinya hanya 68 kalori per 100 gram daging buahnya.

Meski mengandung asam lemak jenuh, namun buah kelapa memiliki rantai karbon sedang sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Asam lemak rantai sedang lebih baik dibandingkan asam lemak rantai panjang karena bisa langsung dicerna dalam usus tanpa melalui proses hidrolisis dan enzimatis.

Asam lemak rantai sedang ini juga memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri dan juga anti-virus, sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.
Kandungan dalam air Kelapa Muda

Selain memiliki rasa yang segar, air kelapa hijau juga kaya akan tanin (anti racun) yang paling tinggi di antara jenis kelapa yang lain. Air kelapa hijau mengandung zat kimia berupa enzim tertentu yang mampu mengurai sifat racun.

Komposisi nutrisi yang terkandung pada air kelapa hijau antara lain asam askorbat atau vitamin C, protein, lemak, dan hidrat arang. Sedangkan mineral penting yang terdapat pada air kelapa adalah zat besi, fosfor, kalsium atau potassium dan gula yang terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Berikut manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari air kelapa muda:

Pengurai Racun
Kandungan enzim bioaktif yang terdapat pada air kelapa hijau dapat digunakan sebagai bahan pengurai racun dan membantu mengeluarkannya dari dalam tubuh.

Pengganti cairan Tubuh
Jika Anda merasa haus di tengah perjalanan, sempatkan untuk beristirahat sejenak di warung yang menyediakan air kelapa muda. Air kelapa dapat dijadikan sebagai minuman alternatif untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Tentunya dengan kandungan nutrisi yang lebih baik daripada air mineral biasa.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Air kelapa dapat mencegah peradangan dan keasaman pada sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung asam laurat yang dapat meredakan gangguan saluran pencernaan.

Membantu Mengatasi Infeksi Saluran kemih
Air kelapa dapat membantu membersihkan saluran kemih sekaligus melindunginya dari infeksi dan peradangan.

Mengatasi Cacingan
Minumlah air kelapa muda secara teratur 3x sehari ditambah 1 sendok teh minyak zaitun untuk membasmi cacing yang ada dalam usus Anda.

Mengendalikan Tekanan Darah
Air kelapa yang sangat kaya akan elektrolit dan potassium. seperti kita ketahui bahwa potassium berguna membantu tubuh mengendalikan tekanan darah dan fungsi organ jantung. (dan)

Sumber

---


Inilah Manfaat Kesehatan dari Jeruk Bergamot

Selain digunakan sebagai bahan utama pembuatan parfum, buah jeruk bergamot juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Menurut penelitian, varietas jeruk yang berasal Itali ini ampuh dalam mengurangi kolesterol “buruk” dan meningkatkan kolesterol “baik”.

Seperti dikutip Daily Express, para ilmuwan juga mengklaim bahwa bergamot bahkan bisa membantu pasien yang mengonsumsi obat penyakit jantung untuk memangkas dosis mereka.

Penelitian yang dipimpin oleh University Magna Graecia di Italia selatan menunjukkan bahwa bergamot bisa menawarkan alternatif yang efektif bagi orang-orang yang tidak mampu mentoleransi statin.

Bergamot juga telah dipuji sebagai obat ajaib untuk mengurangi kolesterol, yakni zat lemak yang memenuhi arteri, memicu serangan jantung dan stroke.

Uji klinis yang di Italia pada 237 pasien juga menunjukkan bahwa setelah 30 hari mengonsumsi bergamot, kadar kolesterol total akan berkurang sebesar 38 persen.

Bergamot memiliki aroma yang khas dan sering digunakan dalam pembuatan teh Earl Grey dan parfum. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam International Journal of Cardiology. (jay)

Sumber

---


Manfaat di Balik Warna Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan adalah bagian penting dari menu sehat kita. Sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan, mineral, dan fitokimia yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga kestabilan kadar gula darah, dan sebagai sumber energi.

Buah dan sayuran memiliki warna tertentu yang secara unik bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh dengan caranya sendiri. Semakin banyak variasi warna buah dan sayuran yang Anda makan, maka semakin banyak asupan fitokimia dalam diet harian Anda.


Untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat dari warna buah dan sayuran tertentu, berikut penjelasannya:

Warna Hijau
Contohnya: brokoli, kale, daun selada, dan bayam.
Makanan hijau sangat baik untuk sistem peredaran darah karena mengandung mineral dan vitamin B kompleks. Beberapa jenis fitokimia dalam makanan hijau seperti sulforaphane dan indoles merupakan senyawa anti kanker yang kuat.
Warna Merah
Contohnya: tomat, semangka, dan kubis merah.
Makanan berwarna merah mengandung banyak fitokimia yang berguna untuk mengurangi dampak kerusakan tubuh akibat radikal bebas. Fitokimia yang disebut lycopene merupakan sumber warna yang bermanfaat untuk mencegah masalah prostat, dan mengurangi efek kerusakan kulit akibat sinar matahari.
Warna Oranye
Contohnya: wortel, jeruk, labu, ubi jalar, aprikot, dan melon.
Makanan berwarna oranye memiliki karotenoid yang membantu memperbaiki DNA untuk mencegah kanker. Wortel dan jeruk sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Makanan berwarna oranye membantu tubuh mendapatkan vitamin A.
Warna Hijau/Kuning
Contohnya: jagung kuning, kacang hijau, alpukat, dan melon.
Kombinasi makanan berwarna hijau dan kuning mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.
Warna Oranye/Kuning
Contohnya: jeruk, nanas, jeruk, peach, dan pepaya.
Makanan berwarna oranye dan kuning mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, makanan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan selaput lendir, jaringan ikat, dan juga mencegah penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mencegah peradangan.
Warna Putih/Hijau
Contohnya: bawang merah, bawang putih, seledri, pir, kubis, dan daun bawang.
Makanan yang memiliki kombinasi warna putih hijau mengandung berbagai fitokimia. Bawang putih dan merah mengandung allicin, anti-virus, anti-bakteri, dan anti-jamur. Masukkan bawang putih dan bawang bombay dalam makanan untuk mengurangi efek buruk dari daging berlemak. Sedangkan seledri berguna untuk kesehatan sendi.
Warna Merah/Biru/Ungu
Contohnya: apel merah, blueberry, strawberry, cranberry, plum, dan anggur.
Makanan berwarna gelap ini merupakan sumber antioksidan kuat yang disebut antosianin yang melindungi kita dari penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi dan mencegah pembekuan darah.

Nah, sekarang cobalah Anda periksa lemari es dan keluarkan semua buah dan sayuran di dalamnya. Anda bisa segera memotong-motongnya dan menjadikannya salad. Semakin berwarna makanan Anda, semakin banyak manfaat kesehatan yang Anda dapatkan.

Sumber

---

Briket Kulit Durian

Durian adalah nama tumbuhan tropik yang berasal dari Asia Tenggara sekaligus nama buahnya yang biasa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Varian namanya yang juga populer adalah duren. Orang Sunda menyebutnya “kadu”.
Buah ini kerap diolah menjadi campuran bahan kue-kue tradisional, seperti gelamai atau jenang. Buah ini biasa dicampurkan dalam permen, es krim, susu, dan berbagai jenis minuman penyegar lainnya. Terkadang juga dicampurkan dalam hidangan nasi pulut (ketan) bersama dengan santan.
Dari pelbagai manfaat durian di atas, ternyata durian masih menyisakan masalah, yaitu kulitnya yang hanya menjadi hiasan perusak mata dan pemandangan. Oleh karena itu, tercetuslah ide pengelolaan kulit durian ini sebagai bahan utama pembuatan briket. Briket yang sering diproduksi adalah briket batubara. Dewasa ini telah banyak percobaan pembuatan briket berbahan sisa-sisa sampah dan bahan organik. Salah satunya, pembuatan briket berbahan kulit durian.
Selain mengurangi polusi yang ditimbulkan berupa sampah yang hanya ber­tumpuk di­tem­pat sam­­­pah, usa­ha ini juga bi­sa menghasilkan nilai ekonomis yang cukup menguntungkan se­ba­­gai pengganti bahan bakar minyak tanah atau gas.
Caranya cukup sederhana, pertama, siapkan peralatan seperti pisau atau pemotong, drum bekas , saringan atau ayakan, pengaduk, penumbuk, cetakan, baskom , dan seng untuk penjemuran. Kemudian siapkan juga bahannya, seperti kulit durian, ranting atau jerami, tepung kanji, dan air.
Setelah peralatan dan bahannya tersedia, potong atau cacah kulit durian untuk memudahkan proses pembakaran. Selanjutnya jemur kulit durian di bawah panas matahari dengan alas seng agar proses pengeringan lebih cepat. Masukkan ranting atau jerami ke dalam drum terlebih dahulu. Berikutnya masukkan kulit durian yang telah dijemur tadi. Jangan menumpuknya terlalu tebal. Bakar tumpukan jerami dan durian tersebut. Tutuplah dengan menggunakan penutup yang ujungnya dilubangi sedikit agar pembakaran merata .
Ketika pembakaran tidak lagi mengeluarkan asap, bukalah penutup tersebut. Aduk-aduk dan pastikan tumpukan kulit durian dan jerami telah menjadi arang. Pastikan proses pembakarannya tidak berlangsung terlalu lama.
Angkat dan pisahkan tumpukan yang telah menjadi arang. Kemudian tumbuklah arang tersebut hingga halus. Untuk mendapatkan bubuk arang yang merata, ayaklah tumbukan arang tersebut.
Langkah selanjutnya adalah memasukkan tumbukan arang yang telah halus kedalam baskom. Ambil sedikit tepung kanji, kira-kira 15% dari jumlah tumbukan halus tersebut. Tepung ini berfungsi sebagai perekat. Aduk-aduk hingga merata. Setelah itu, masukkan air sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Gunakan 10% air dari keseluruhan adonan. Aduk hingga adonan benar-benar merata.
Ambil cetakan dan masukkan adonan ke dalamnya. Jika tidak tersedia cetakan, kita bisa menggunakan tangan untuk mencetaknya. Caranya, kepal-kepalkan adonan sesuai dengan bentuk yang kita inginkan; bulat, lonjong, persegi dan lain sebagainya. Selanjutnya padatkan adonan tersebut untuk menghasilkan briket yang berkualitas.
Jemur adonan yang telah dicetak tersebut di bawah terik matahari dengan menggunakan alas seng selama 12 jam. Bila cuaca tidak mendukung, proses penjemuran bisa berlangsung lebih lama hingga adonan tersebut benar-benar kering. Terakhir, angkat dan simpan adonan yang telah kering tersebut dalam tempat yang tidak lembab. Briket ini sudah siap digunakan atau dikemas untuk dijual.
Mengingat langkah pengelolaannya yang cukup mudah dan modal yang terjangkau, pembuatan briket berbahan utama kulit durian ini laik dicoba sebagai upaya menumbuhkan mata pencaharian baru bagi masyarakat Indonesia.
Silakan mencoba dan semoga bermanfaat, utamanya bagi penduduk daerah penghasil durian, seperti Desa Srambang di Ngawi.
Penulis adalah Mahasiswa Teknik Elektro 2010

Sumber

---

10 Makanan yang Ternyata Beracun
Ketika dikonsumsi sedikit, makanan berikut ini memang tidak mengganggu kesehatan Anda. Tetapi dalam jumlah besar, mereka bisa memberi dampak yang lebih merugikan dari yang Anda kira.

Jamur
Jamur yang tersedia di supermarket seharusnya aman untuk dikonsumsi, tetapi para penggemar jamur perlu berhati-hati karena banyak spesies dapat sangat berbahaya bahkan mematikan.

Sekitar 100 spesies jamur dikabarkan berbahaya bagi manusia, dengan gejala mulai dari sakit kepala hingga kejang bahkan kematian. Pada tahun 2010 sejumlah kecil jamur yang disebut Little White dianggap bertanggungjawab atas kematian sekitar 400 orang di Cina.

Cabai

Cabai terkenal karena pedasnya, yang membuatnya sangat terkenal. Kendati begitu, ternyata kepedasan tersebut dihasilkan dari senyawa kimia (capsaicin) yang dapat menyebabkan efek keracunan seperti sakit perut, gatal-gatal, dan dalam kasus paling parah, dapat berujung pada kematian.

Bagi kebanyakan orang, mengonsumsi cabai hanya sedikit berbahaya, namun capsaicin memang paling baik dibatasi dalam konsumsinya, jadi pastikan untuk tidak terlalu banyak memakannya dan hindari kompetisi makan makanan pedas!

Minyak rapeseed
Ada banyak kontroversi tentang minyak yang tampak alami dan tidak berbahaya ini, namun anggapan umum menyatakan bahwa minyak rapeseed memiliki banyak efek negatif pada kesehatan. Laporan menyatakan bahwa tumbuhan rape, yang merupakan sumber dari minyak tersebut, sangat beracun, dan efek samping mengonsumsi minyaknya antara lain adalah masalah pernapasan dan kebutaan.

Beras
Tidak diragukan lagi, beras memiliki banyak manfaat kesehatan. Kendati begitu, sebuah penelitian mengungkapkan, satu dari lima kemasan beras panjang Amerika mengandung zat beracun dengan tingkat berbahaya, sementara penelitian lainnya menemukan terdapat kadar arsenik dalam susu beras dan beras bayi.

Meskipun semangkuk nasi berisiko relatif kecil dalam menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, konsumsi arsenik dengan kadar tinggi erat kaitannya dengan kanker.

Biji pala
Meskipun biji pala memiliki manfaat kesehatan, namun juga dapat sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Biji pala mengandung zat beracun yang disebut myristicin, porsi sedang dari biji pala dapat menyebabkan halusinasi, sementara dalam jumlah besar biji pala dapat menyebabkan kejang, berdebar-debar, mual, dehidrasi, dan kematian.

Apel non-organik
Karena apel rawan menjadi tempat berkembang biak serangga, para petani sering melapisi buah dengan bahan kimia pestisida dan fungisida, beberapa di antaranya akan menyerap ke dalam dagingnya. Untuk meminimalkan risiko kesehatan, cobalah untuk membeli apel organik kapan pun Anda bisa, atau setidaknya kupas kulitnya sebelum makan.

Salmon ternak
Sebuah penelitian menemukan, 13 racun berbeda — antara lain PCB, yang diklasifikasikan sebagai sebuah kemungkinan karsinogen manusia oleh Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) — berada pada tingkat yang lebih tinggi dalam salmon yang dibesarkan di peternakan daripada yang terdapat dalam salmon liar.

Karena kemungkinan bahaya kesehatan akibat mengonsumsi racun tersebut, dianjurkan untuk mengurangi porsi dari salmon ternak (petunjuknya adalah dengan mengurangi setengah porsi per bulan, bergantung dari mana salmon tersebut berasal) atau beralih mengonsumsi salmon liar.

Popcorn microwave
Meskipun makan popcorn microwave tidak diyakini berbahaya bagi kesehatan, namun ditemukan bahwa popcorn dengan bumbu mentega mengandung bahan kimia berbahaya (diacetyl) dalam bumbu tersebut yang melepaskan gas beracun ketika dimasukkan ke dalam microwave.

Meskipun sejauh ini hal tersebut sebagian besar hanya dialami oleh pekerja pabrik — dengan banyak timbulnya penyakit paru-paru yang disebut sebagai “paru-paru popcorn” — seorang konsumen kini diketahui juga mengidap gangguan paru-paru akibat racun tersebut.

Namun, ini jelas tidak dapat menjadi patokan, karena penderita tersebut mengaku bahwa ia mengonsumsi popcorn microwave setidaknya dua kali sehari selama 10 hingga 12 tahun. Jika Anda makan dalam jumlah sedikit, mungkin paling aman untuk mengonsumsinya di rumah, hanya berhati-hatilah untuk menghindari gas ketika membuka kemasan popcorn tersebut.

Kentang
Kentang mungkin terlihat cukup aman, tapi apakah Anda tahu bahwa kentang sebenarnya berasal dari keluarga yang sama dari tanaman beracun Solanaceae?

Kentang memiliki risiko tertentu untuk kesehatan kita karena mengandung senyawa beracun yang dikenal dengan glycoalkaloids, yang paling mengkhawatirkan adalah solanin yang memengaruhi saraf dan sistem pencernaan, menyebabkan sakit kepala, lemas, limbung, diare dan muntah dan lain-lain.

Keracunan kentang sangat jarang terjadi, tapi hindarilah kentang yang sudah berkecambah — yang cenderung memiliki konsentrasi glycoalkaloids yang lebih tinggi — dan kentang yang telah berubah hijau. Meski warna hijau dalam kentang sendiri tidak berbahaya, hal tersebut menunjukkan bahwa kentang telah terpapar cahaya matahari, yang dapat juga mendorong tingkat solanin untuk naik di atas kadar yang aman.

Kacang
Kacang tidak hanya menjadi salah satu penyebab alergi makanan yang paling umum, tetapi juga dapat berbahaya bagi orang-orang yang tidak menderita alergi. Kacang lebih baik dihindari oleh orang-orang yang mempunyai masalah dengan ginjal atau kantung empedu karena mengandung oxalates yang dapat mengkristal dan menyebabkan batu pada ginjal dan kantung empedu.

Namun, bahkan bagi kita semua, kacang dapat beracun oleh karena kerentanan kacang terhadap jamur dan aflatoksin (karsinogen yang sangat beracun) yang dihasilkan oleh jamur yang disebut Aspergillus flavus yang menyerang kacang.

Jika Anda tidak bisa menolak untuk mengemil kacang, cobalah untuk membeli kacang yang diproduksi di daerah-daerah kering, karena risiko aflatoxins lebih rendah.

Sumber

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*