Oct 17 2012

Transit Bandara Nyaman

Published by at 8:51 am under Perlu Diketahui

Dalam dunia yang ideal, penerbangan seharusnya membawa kita dari bandara yang satu ke bandara tujuan secara langsung, tanpa perhentian, sejauh apa pun. Namun kenyataannya, jarak yang terlampau jauh atau kepentingan bisnis atau ekonomi maskapai penerbangan terkadang mengharuskan kita singgah di bandara tertentu di tengah jalan alias transit.

Kebutuhan untuk transit ini kemudian dicermati beberapa manajemen bandara atau pemerintah setempat untuk membuat bandara sebagai "destination in itself" (tujuan sendirinya), yang memberikan berbagai kemudahan bagi pejalan untuk beristirahat sejenak atau menghabiskan waktu yang bisa sampai berjam-jam.

Sekarang, bandara tidak hanya tempat singgah yang fungsional tetapi juga rekreasional. Dari pengalaman saya, ada beberapa bandara favorit yang juga dinobatkan sebagai bandara terbaik untuk transit di dunia. Apa saja?

Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab  Salah satu bandara tersibuk di dunia karena lokasinya yang sangat strategis, menjembatani benua Asia dan benua Eropa serta Afrika. Pemerintah Dubai menyadari strategisnya lokasi mereka dan mulai gencar membangun bandara transit dengan berbagai fasilitas, seperti pemandian (berbayar), gym, taman kecil, berbagai pilihan makanan dan minuman, hotel, serta tur transit dengan visa yang diurus oleh maskapai atau agen tur.  Menurut saya, walau bandara ini terhitung bandara transit terbaik di daerah Timur Tengah, jumlah pengunjung transit yang membludak membuat bandara menjadi kurang nyaman.

Bandara Internasional Dubai, Uni Emirat Arab  Salah satu bandara tersibuk di dunia karena lokasinya yang sangat strategis, menjembatani benua Asia dan benua Eropa serta Afrika. Pemerintah Dubai menyadari strategisnya lokasi mereka dan mulai gencar membangun bandara transit dengan berbagai fasilitas, seperti pemandian (berbayar), gym, taman kecil, berbagai pilihan makanan dan minuman, hotel, serta tur transit dengan visa yang diurus oleh maskapai atau agen tur.  Menurut saya, walau bandara ini terhitung bandara transit terbaik di daerah Timur Tengah, jumlah pengunjung transit yang membludak membuat bandara menjadi kurang nyaman.

Bandara Internasional Hong Kong, Hong Kong  Sepertinya banyak bandara Asia yang cocok menjadi bandara transit dan pandai mengelolanya. Salah satunya adalah Bandara Internasional Hong Kong di Chek Lap Kok. Antara fasilitas unggulannya adalah studio film IMAX, tempat bermain game konsol, simulator olahraga, museum penerbangan dan museum edukasi anak-anak.  Selain itu, sebagai warga negara Indonesia kita bebas memasuki Hongkong tanpa visa kunjungan, berguna jika transitnya 12 jam lebih.

Bandara Internasional Hong Kong, Hong Kong  Sepertinya banyak bandara Asia yang cocok menjadi bandara transit dan pandai mengelolanya. Salah satunya adalah Bandara Internasional Hong Kong di Chek Lap Kok. Antara fasilitas unggulannya adalah studio film IMAX, tempat bermain game konsol, simulator olahraga, museum penerbangan dan museum edukasi anak-anak.  Selain itu, sebagai warga negara Indonesia kita bebas memasuki Hongkong tanpa visa kunjungan, berguna jika transitnya 12 jam lebih.

Bandara Internasional Helsinki-Vantaa, Helsinki  Sebenarnya saya hanya ingin menceritakan lima bandara, tetapi semua bandara di atas adalah bandara besar yang sudah lama terkenal sebagai bandara transit. Akhir-akhir ini bandara internasional di Helsinki, Finlandia, mulai memperkenalkan diri sebagai bandara transit baru di benua Eropa.  Yang menarik di sini adalah pemandangan ke landasan, koleksi seni rupa yang menawan dan museum penerbangan yang letaknya di dekat bandara (butuh visa kunjungan untuk keluar). Selain itu, lokasinya strategis karena secara geografis paling dekat dari Asia, terutama dari Asia Timur. Fasilitasnya belum sebaik bandara-bandara lain di atas, tetapi pelan-pelan mengejar. Jika ada waktu kemudian hari untuk memilih bandara transit, cobalah Helsinki.

Bandara Internasional Helsinki-Vantaa, Helsinki  Sebenarnya saya hanya ingin menceritakan lima bandara, tetapi semua bandara di atas adalah bandara besar yang sudah lama terkenal sebagai bandara transit. Akhir-akhir ini bandara internasional di Helsinki, Finlandia, mulai memperkenalkan diri sebagai bandara transit baru di benua Eropa.  Yang menarik di sini adalah pemandangan ke landasan, koleksi seni rupa yang menawan dan museum penerbangan yang letaknya di dekat bandara (butuh visa kunjungan untuk keluar). Selain itu, lokasinya strategis karena secara geografis paling dekat dari Asia, terutama dari Asia Timur. Fasilitasnya belum sebaik bandara-bandara lain di atas, tetapi pelan-pelan mengejar. Jika ada waktu kemudian hari untuk memilih bandara transit, cobalah Helsinki.

Bandara Internasional Changi, Singapura  Jangankan pejalan mancanegara, penduduknya saja menjadikan bandara ini tujuan di akhir minggu. Mereka biasa makan di pujasera di bawah atau di area publik. Walau usia bandara sudah tua, manajemen giat melakukan ekspansi dengan membangun atau merombak terminal. Selain membuat yang baru, mereka juga rajin merawatnya, sehingga penggunanya merasa nyaman.  Fasilitas transit yang tersedia di sini termasuk pemandian (berbayar), berbagai pilihan akomodasi, pilihan makanan dan minuman untuk berbagai selera, Wi-Fi, teater film gratis, tempat ibadah, ruang karpet yang luas (yang dapat digunakan untuk tidur dengan kantung tidur atau bantal tas), taman, kios internet, hingga tur beberapa jam ke pusat kota Singapura.

Bandara Internasional Changi, Singapura  Jangankan pejalan mancanegara, penduduknya saja menjadikan bandara ini tujuan di akhir minggu. Mereka biasa makan di pujasera di bawah atau di area publik. Walau usia bandara sudah tua, manajemen giat melakukan ekspansi dengan membangun atau merombak terminal. Selain membuat yang baru, mereka juga rajin merawatnya, sehingga penggunanya merasa nyaman.  Fasilitas transit yang tersedia di sini termasuk pemandian (berbayar), berbagai pilihan akomodasi, pilihan makanan dan minuman untuk berbagai selera, Wi-Fi, teater film gratis, tempat ibadah, ruang karpet yang luas (yang dapat digunakan untuk tidur dengan kantung tidur atau bantal tas), taman, kios internet, hingga tur beberapa jam ke pusat kota Singapura.

Bandara Internasional Schiphol, Amsterdam  Dinobatkan sebagai bandara terbaik di benua Eropa versi Skytrax tahun 2012, bandara internasional Schiphol di Amsterdam, Belanda, juga dipersepsi positif oleh pejalan untuk bandara transit. Ada Rijksmuseum Amsterdam Schiphol untuk menghabiskan waktu, Panorama Terrace untuk melihat pesawat lepas landas dan mendarat, teater film, dan yang lebih hebat lagi ada Airport Park seluas 1.858 meter persegi yang baru dibuka tahun lalu, taman buatan dalam ruangan yang memprioritaskan konsep ramah lingkungan.

Bandara Internasional Schiphol, Amsterdam  Dinobatkan sebagai bandara terbaik di benua Eropa versi Skytrax tahun 2012, bandara internasional Schiphol di Amsterdam, Belanda, juga dipersepsi positif oleh pejalan untuk bandara transit. Ada Rijksmuseum Amsterdam Schiphol untuk menghabiskan waktu, Panorama Terrace untuk melihat pesawat lepas landas dan mendarat, teater film, dan yang lebih hebat lagi ada Airport Park seluas 1.858 meter persegi yang baru dibuka tahun lalu, taman buatan dalam ruangan yang memprioritaskan konsep ramah lingkungan.

Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan  Bandara ini sangat besar dan memiliki beberapa fasilitas gratis seperti area istirahat dengan kursi malas, ruang internet dan ruang media/televisi. Selain itu ada pemandian (berbayar), gym, taman, berbagai pilihan makanan dan minuman, hotel dan akses ke pusat kota yang mudah. Interiornya nyaman, meski tidak senyaman Changi.  Berita bagus bagi warga negara Indonesia yang memiliki tiket terusan dan visa ke negara-negara tujuan seperti Amerika Serikat, Jepang atau Inggris maka kita bisa memasuki Korea Selatan melalui imigrasi tanpa visa kunjungan, dan diberi keleluasaan hingga 30 hari.

Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan  Bandara ini sangat besar dan memiliki beberapa fasilitas gratis seperti area istirahat dengan kursi malas, ruang internet dan ruang media/televisi. Selain itu ada pemandian (berbayar), gym, taman, berbagai pilihan makanan dan minuman, hotel dan akses ke pusat kota yang mudah. Interiornya nyaman, meski tidak senyaman Changi.  Berita bagus bagi warga negara Indonesia yang memiliki tiket terusan dan visa ke negara-negara tujuan seperti Amerika Serikat, Jepang atau Inggris maka kita bisa memasuki Korea Selatan melalui imigrasi tanpa visa kunjungan, dan diberi keleluasaan hingga 30 hari.

---

Judul Asli Bandara-bandara Favorit untuk Transit

Sumber I Sigit Adinugroho

---

Tips Mendapatkan Tidur Nyaman Dalam Penerbangan

Tidur di pesawat memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun sebelum Anda berpikir untuk menenggak obat tidur, simak tujuh tip cepat berikut agar dapat mudah terlelap.

Pesawat merupakan tempat yang nyaman. (iStockphoto)Hindari kebisingan
Salah satu penghambat tidur yang terbesar dalam penerbangan adalah kebisingan. Entah itu bayi yang menangis, seseorang yang batuk tak henti, atau penumpang sebelah yang bercerita kisah hidup mereka, nampaknya selalu ada gangguan yang membuat Anda tidak bisa tidur. Atasi gangguan tersebut dengan menggunakan penyumbat telinga yang Anda bawa. Atau lebih baik lagi, gunakan headphone peredam suara.

Memilih tempat duduk
Tentu saja, semua kursi di kelas ekonomi terlihat sama, namun posisi Anda di pesawat benar-benar dapat menjadi faktor penentu apakah Anda akan menghabiskan penerbangan sambil tertidur atau tidak. Kursi di bagian belakang pesawat umumnya terlalu berisik, dan agak terlalu dekat dengan zona bahaya toilet yang mengganggu penciuman Anda. Sebaliknya, carilah kursi di bagian tengah pesawat, daerah dekat sayap pesawat biasanya merupakan bagian paling stabil dari pesawat. Tempat duduk yang dekat dengan jendela akan menjadi suatu keuntungan, karena Anda dapat bersandar di jendela dan tidak harus terbangun karena ada orang yang melintas.

Perhatikan apa yang Anda minum
Nampaknya ide yang baik untuk menikmati secangkir kopi sambil menghabiskan waktu, ketika Anda berada di bandara, atau konsumsi sedikit minuman beralkohol untuk mengurangi ketegangan Anda sebelum terbang, namun Anda akan segera menyesalinya begitu mengetahui bahwa Anda tidak akan bisa tidur setelahnya. Kafein dapat bertahan di dalam tubuh Anda selama delapan jam, dan akan membuat Anda terjaga meskipun Anda tidak menginginkannya. Demikian juga dengan alkohol yang harus dihindari, karena bisa menyebabkan dehidrasi akibat sakit kepala, yang akan menjadi musuh terburuk Anda jika Anda berusaha untuk tidur.

Kenyamanan adalah kunci utama
Kecuali Anda sudah mendapat tempat di kelas satu, adalah adil mengatakan bahwa pesawat merupakan tempat yang nyaman. Sebuah bantal perjalanan mungkin merupakan hal yang berlebihan, namun Anda akan segera menyukai sandaran lembut tersebut ketika Anda mendapatkan kenyamanan yang ditawarkannya selama penerbangan. Kombinasikan ini dengan masker mata untuk menghalau setiap sinar terang yang tidak diinginkan, dan kenakan pakaian longgar yang membuat Anda nyaman selama penerbangan, dan Anda akan terlelap dalam waktu singkat.

Mabuk udara
Bagi Anda yang menderita mabuk udara, Anda akan mengetahui bahwa tidur adalah hal terakhir di pikiran Anda saat mengalami rasa mual selama penerbangan. Untuk menghindari penyakit yang mengganggu tersebut, cobalah untuk mengambil langkah-langkah pencegahan seperti menghindari makanan berat, minum banyak air, dan melakukan teknik pengendalian pernapasan. Jika tidak berhasil, kunjungi dokter Anda untuk meminta obat penenang perut sebelum melakukan perjalanan Anda.

Jangan ganggu
Tidak ada yang lebih buruk selain berusaha untuk tidur, hanya untuk dibangunkan setelah sekitar 10 detik kita menutup mata. Buatlah daftar di dalam hati orang-orang yang mungkin menganggu  tidur Anda dan ambil beberapa langkah untuk memastikan hal itu tidak terjadi. Jika tetangga Anda suka mengoborol, katakanlah dengan sopan bahwa  Anda sedang mencoba untuk tidur. Itu  juga merupakan ide yang baik untuk mengencangkan sabuk pengaman Anda di atas selimut Anda jika Anda menggunakannya, karena jika tidak, maka seorang pramugari mungkin perlu membangunkan Anda untuk memeriksa apakah Anda telah menggunakannya dengan aman.

Begadang semalaman
Jika semuanya gagal maka saatnya untuk membawa senjata terampuh dalam penerbangan berikutnya. Mungkin akan sulit, namun cobalah untuk meminimalkan (atau benar-benar menghindari) tidur malam sebelum perjalanan Anda. Tentu saja, Anda akan menjadi kikuk begitu Anda tiba di bandara, tapi Anda akan sangat lelah ketika berada di dalam pesawat dan tidur menjadi hal yang tidak terelakkan. Bergantung pada waktu penerbangan Anda, Anda juga dapat cara tersebut  sebagai kesempatan untuk menyesuaikan diri diri dengan zona waktu tujuan Anda, yang akan membantu untuk mencegah jet lag yang mengganggu perjalanan Anda.

Sumber

---

Jalur Bandara Paling Menakutkan di Dunia
Bandaranya mungkin biasa saja, namun jalur pendaratan pesawatnya akan membuat pilot yang mengantar Anda ke kota/negeri favorit malah deg-degan. Anda yang duduk di bangku penumpang juga bisa ikut gugup, atau bahkan terkagum-kagum atas keunikan jalur bandara ini.

Bandara Juancho E. Yrausquin Airport, Saba. Bandara kecil ini memiliki desain yang unik, lagi mencemaskan para penumpang yang berada di dalam pesawat. Karena jalur pendaratan berada di salah satu bukit tinggi, jalur tersbeut berakhir di pinggir bukit dengan jurang menganga di pinggirnya menuju laut lepas.

Bandara Gibraltar, Gibraltar. Winston Churchill Avenue, jalan tol paling sibuk di Gibraltar tepat dilintasi jalur pesawat. Saat ada pesawat yang akan mendarat, mobil-mobil tersebut mesti berhenti. Melanggar peraturan membawa mobil di sana? Selamat tinggal dunia.

Bandara Courchevel, Prancis. Bandara ini juga tergolong berbahaya bagi pilot amatir. Terletak di area ski terbesar di dunia, bandara Alpen Prancis ini juga dikenal dengan jalur pendaratan yang hanya setengah kilometer..

Bandara Internasional Barra, Pulau Barra, Skotlandia. Bandara yang mengharuskan pilotnya punya keahlian lebih untuk mengerem saat pesawat mendarat. Mengapa? Karena pendaratan pesawat langsung di pinggir pantai. Kondisi pasir berlebih di tanah bisa mengakibatkan pesawat terpeleset kalau tidak pandai mengendalikannya.

Bandara Internasional Ratu Juliana, Saint Martin - Karibia Timur. Terkenal dengan jalur pendaratan yang sangat pendek, hanya 2,180 meter dengan pesawat yang harus terbang sangat rendah melintasi Pantai Maho. Pilot, penumpang, dan bahkan mereka yang sedang berjemur akan terpacu adrenalinnya melihat ini.

Bandara Internasional Kansai, Osaka, Japan. Dibangun di pulau buatan dengan panjang jalur 2,5 mil dan lebar 1,6 mil.

Bandara Lukla, Nepal. Gunung tinggi di sisi ujung, dan jurang terjal di sisi satunya lagi. Pilot yang bersiap mendarat atau terbang harus berhati-hati jika berurusan dengan bandara satu ini.

Sumber

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*