Oct 11 2012

Waspada Layar Monitor

Published by at 7:51 am under Perlu Diketahui

Hampir semua pekerja kantoran kini menatap layar komputer dalam waktu yang lama setiap hari. Tak ada yang salah dengan hal tersebut asal mata tetap dijaga kesehatannya. Jika tidak, bisa terjadi beberapa gangguan mata yang akan membuat Anda menyesal. Perhatikan poin-poin berikut ini untuk melindungi mata dari efek negatif akibat terlalu lama bekerja di depan layar komputer.

Atur posisi

Posisi yang baik ikut menentukan kesehatan mata. Mulai dari jarak, posisi komputer atau laptop, sampai posisi ruangan. Masalah umum yang terjadi ketika lama bertatapan dengan layar komputer adalah mata merah dan kering. Hal ini terjadi karena saat bekerja di depan komputer kita lebih sedikit berkedip untuk melembapkan mata.

Coba letakkan layar komputer atau laptop dengan posisi sedikit di bawah mata. Posisi ini membuat mata tidak terlalu terbuka lebar saat menatap layar komputer. Beri jarak antara monitor dan mata untuk kenyamanan bekerja. Beri jarak setidaknya 20-30 cm untuk kenyamanan menatap layar komputer.

Dinding di belakang monitor juga berperan penting untuk mengurangi kelelahan mata. Hindari latar atau dinding yang terlalu terang atau dengan motif terlalu ramai yang bisa membuat mata sulit berkonsentrasi pada layar komputer. Hal ini membuat mata cepat lelah karena bekerja ekstra.

kerockan.blogspot.com

Istirahat
Semua bagian tubuh tentu perlu waktu istirahat. Begitu juga mata yang lelah bekerja menatap layar komputer. Usapkan kedua telapak tangan Anda hingga hangat, lalu tutup mata Anda dengan kedua telapak tangan. Biarkan mata terpejam dalam keadaan gelap selama setidaknya satu menit. Jika memungkinkan, lakukan di ruangan yang tenang.

Rumus umum 20-20-20 juga berlaku untuk mengistirahatkan mata. Beristirahat setiap 20 menit, lalu pandang sesuatu yang jaraknya kurang lebih 20 meter selama 20 detik. Dengan begitu, mata bisa beristirahat dari sinar layar komputer dan pandangan jarak dekat.

Sesekali, pijat area di sekitar mata dengan lembut. Lakukan gerakan memutar secara perlahan untuk membuat otot-otot di sekitar mata lebih rileks. Usahakan untuk berkedip cukup sering demi menjaga kelembapan mata โ€” agar tidak kering dan iritasi.

Atur kenyamanan

Sering kali mata harus bekerja keras karena pengaturan yang tidak tepat. Saat mengetik atau membaca, atur sedemikian rupa besar huruf sehingga tidak membuat mata harus memicing. Jangan sampai mata harus bekerja ekstra keras karena pengaturan besar huruf yang tidak nyaman. Membaca atau menulis dengan besar huruf yang tidak nyaman dapat membuat mata lelah, posisi tubuh lelah karena harus mendekat ke layar, dan tubuh tegang.
Usahakan juga atur tempat kerja dengan cahaya yang cukup. Bekerja di tempat yang terlalu terang bisa membuat mata iritasi. Sedangkan bekerja di tempat yang terlalu gelap bisa membuat mata mudah lelah dan rusak. Sesuaikan tingkat cahaya monitor Anda yang nyaman.

Perhatikan gejala

Jangan sepelekan gejala-gejala yang menganggu kenyamanan mata. Hindari gejala semakin parah dengan segera berkonsultasi ke dokter. Dengan memeriksakan gangguan mata secara dini, Anda bisa menemukan penyebab dan melakukan perbaikan terhadap sumber masalah tersebut. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa jadi kerusakannya sulit untuk dikembalikan lagi.

Perhatikan beberapa gejala ini: Mata buram saat menatap ke tempat lain selain layar komputer, mata kering, sakit perih pada mata, sakit kepala, sulit fokus atau pandangan buram saat menatap layar komputer, mata berkunang-kunang, serta sulit membaca serta fokus pada benda jauh setelah menatap komputer. Jika gejala-gejala tersebut Anda alami, tak ada salahnya mengevaluasi kembali posisi komputer dan pola kerja Anda. Apabila setelah dilakukan perbaikan mata masih juga tak membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait.

Judul Asli: Melindungi Mata dari Kerusakan Akibat Layar Komputer

Sumber

---

Tips Jaga Mata Sehat

Sebagai salah satu panca indera, tak dapat dipungkiri jika mata menjadi aset penting agar dapat tetap menikmati segala keindahan dunia.

Jika menginginkan mata sehat, sebaiknya mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata. Banyak sekali penyakit mata yang bisa diminimalisir jika Anda tahu cara untuk merawat mata Anda sejak dini.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan demi menjaga kesehatan mata, seperti dilansir melalui Sheknows (26/7).

Pakai kacamata hitam

Kacamata hitam mampu memblokir 100 persen paparan sinar ultraviolet, sehingga dapat mencegah perkembangan katarak. Hal ini disebabkan kacamata hitam bisa melindungi mata dari sinar matahari secara langsung yang dapat merusak retina. Kacamata hitam juga melindungi kulit kelopak mata yang lembut, serta mengurangi risiko keriput dan kanker kulit di sekitar mata.

Berhenti merokok

Tembakau secara langsung memberikan efek merugikan bagi kesehatan, terutama degenerasi makula mata yang berkaitan dengan usia (AMD). AMD merupakan kerusakan makula (saraf di mata) berupa menurunnya kerapatan pigmen yang berperan menyaring cahaya yang masuk ke mata. Akibatnya, penderita AMD tidak bisa melihat dengan jelas.

Penelitian menunjukkan bahwa perokok dan mantan perokok lebih mungkin untuk mengembangkan AMD dibandingkan mereka yang tidak merokok. Perokok juga memiliki risiko untuk terkena katarak.

Makan yang benar

Kekurangan vitamin atau mineral dapat merusak fungsi retina. Wortel telah diyakini membantu menjaga kesehatan mata. Namun, berbagai sayuran, terutama sayuran hijau, juga menjadi bagian penting bagi kesehatan mata Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin dan asam lemak omega 3 DHA dan EPA cenderung memiliki risiko rendah mengembangkan AMD.

Melakukan pemeriksaan mata awal

Orang dewasa yang tidak memiliki tanda atau faktor risiko penyakit mata harus melakukan pemeriksaan penyakit mata pada usia 40 tahun. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit mata, diabetes atau tekanan darah tinggi, maka Anda harus menemui dokter mata segera.

Pakai pelindung mata

Banyak orang yang mengalami cedera mata akibat olahraga atau proyek konstruksi. Cedera bisa dihindari dengan mengenakan pelindung mata yang tepat.

Sumber

---

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Menginginkan mata sehat? Gampang kok.

Banyak sekali penyakit mata yang bisa diminimalisir jika Anda tahu cara untuk merawat mata Anda sejak dini.

Yuk, kita lanjutin beberapa hal yang dapat Anda lakukan demi menjaga kesehatan mata, seperti dilansir melalui Sheknows (26/7).

Tahu riwayat kesehatan keluarga

Banyak penyakit mata yang menyerang di dalam keluarga. Jadi, mengetahui riwayat kesehatan mata dari keluarga dan mendiskusikannya dengan dokter mata dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan dan kondisi mata lainnya.

Intervensi awal

Penyakit mata terkait usia, termasuk katarak, diabetic retinopathy, glaucoma dan AMD diperkirakan akan meningkat drastis dari 28 juta hari ini menjadi 43 juta di tahun 2020. Gangguan mata paling serius, seperti glaucoma dan AMD, lebih mudah dan berhasil diobati jika didiagnosis sejak dini. Jika tidak, akan menyebabkan kehilangan penglihatan dan kebutaan serius. Berapapun usia Anda, intervensi awal sedini mungkin amatlah sangat membantu.

Tahu penyedia perawatan mata

Dokter mata, ahli mata dan ahli optik memainkan peran dalam memberikan pelayanan perawatan mata. Namun, masing-masing memiliki tingkat yang berbeda dari ilmu dan keahlian.

Perhatikan petunjuk pemakaian lensa mata

Kebanyakan orang tidak mematuhi petunjuk perawatan dan penggunaan lensa kontak. Kesalahan umum, seperti tidur semalaman memakai lensa mata, menggunakan air liur atau air biasa sebagai larutan pembasah, hingga menggunakan cairan kadarluarsa menyebabkan ulkus kornea, rasa sakit yang bisa membuat kehilangan penglihatan.

Sadari kelelahan mata

Jika mata lelah bekerja di depan komputer atau menulis dengan jarak dekat, Anda dapat mengikuti jurus 20-20-20. Maksudnya, setiap 20 menit bekerja di depan komputer harus beristirahat paling tidak 20 detik dengan melihat benda atau objek yang jaraknya 20 kaki (6 meter).

Jika kelelahan mata berlanjut, dapat menjadi kondisi lain, seperti sindrom mata kering dan presbiopia atau proses kehilangan penglihatan untuk fokus secara aktif pada objek terdekat dengan mata.

Sumber

---

Tips Kesehatan Mata MOnitor

Tidak tahu tepatnya kapan gejala mata cepatย  lelah ini dimulai, yang pasti, setiap kali mata sudah terasa lelah karena terlalu lama melototi komputer, saya hanya istirahat sejenak, tiduran, atau nongkrong sebentar di depan rumah. Kadang juga jalan-jalan sebentar melihat pemandangan yang lebih menyegarkan, tapi hal ini jarang sekali dilakukan.

Saya termasuk pengguna komputer yang rutin, pagi, siang, sore, malam, komputer teman dan mainan saya setiap hari dan nyaris sepanjang hari berhadapan dengan alat elektronik ini.

Tidak pernah mengetahui cara penggunaan komputer yang baik agar tetap tidak berdampak pada kesehatan mata, membuat saya santai-santai saja menggunakan komputer, khususnya tidak menganggap peduli jarak dan pencahayaan layar LCD, atau aturan lainnya tentang cara menggunakan monitor LCD.

Sebetulnya sudah sejak lama saya memeriksakan mata pada dokter, sekitar tiga bulan yang lalu. Dokter pun menyarankan saya menggunakan kaca mata setiap kali berhadapan dengan layar komputer. Akan tetapi, saya tidak menggubris saran dokter itu meski kacamata sudah dibelikan orang tua. Apalagi mengingat radiasi lacar LCD tidak begitu berpengaruh besar pada kesehatan mata, sehingga saya benar-benar tidak menganggap penting memperhatikan dan menjalankan saran dokter itu. Dan sekarang, saya menanggung akibatnya. Kacamata harus melekat pada diri saya. Saya harus selalu memakai kacamata.

Sekedar berbagai pada para pembaca yang mungkin tidak menganggap peduli kesehatan mata, atau malah merasa tangguh berhadapan dengan layar komputer, apapun jenisnya. Saya sarankan, mulai sekarang perhatikan cara-cara yang baik jika berhadapan dengan komputer, sebab menggunakan kacamata itu, menurut perasaan saya, tidak membuat nyaman dan sedikit banyaknya mengganggu beberapa aktifitas.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar kesehatan mata tetap terjaga jika berhadapan dengan layar monitor:

1. Perhatikan jarak antar mata dengan monitor. Diusahakan jangan terlalu dekat melebihi jarak 30 cm. Dan jangan pula terlalu jauh, sebab bisa membuat mata dipaksakan fokus pada grafik komputer.

2. Atur warna dan cahaya komputer sesuai dengan kenyamanan mata

3. Jangan memaksakan mata berhadapan dengan komputer dalam keadaan gelap. Lebih baik nyalakan saja lampu.

4. Jika membaca tulisan di tampilan monitor terlalu kecil, dan tulisannya banyak juga panjang. Lebih baik copy saja pada microsof word, dan sesuikan besar huruf agar enak dibaca. Atau, jika malas mengcopy, gunakan CTRL + putar scrol mouse ke atas biar tampilan website nya membesar. Otomatis huruf-hurufnya pun akan ikut membesar.

5. Jika anda masih menggunakan monitor yang berbentuk balok, yang kacanya cembung. Diusahakan menggantinya dengan layar LCD atau LED. Sebab kedua monitor jenis itu radiasinya lebih kecil.

6. Makanan pun sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Memperbanyak makanan bervitamin A, sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

7. Selalu posisikan duduk berhadapan dengan monitor pun harus dibuat senyaman mungkin.

8. Jika kelelahan mata berdampak pada mudah merasa pusing, sebaiknya bertanya pada dokter.

Seperti itu, intinya, selalu kondisikan agar mata merasa nyaman dan tidak cepat lelah. Penglihatan sangat mahal dan diberikan oleh Tuhan secara gratis, tidak bisa dibeli oleh manusia. bahkan mengobatinya pun sangat mahal jika mata terganggu penglihatannya. Maka, mari menjaga kesehatan mata bareng-bareng.

Saya telat menuliskan tips ini (untuk diri sendiri), dan sangat terlambat mempraktekannya. Dan sekarang saya sudah menanggung akibatnya. Semoga semuanya sehat selalu.

Sumber

---

Mata adalah organ tubuh yang paling penting dalam keadaan apapun, dimanapun, dan kapanpun. Di situlah kita harus menjaga salah satu organ tubuh yang paling indah dipandang ini!! ๐Ÿ˜€ Selain juga memang kewajiban kewajiban kita menjaga kesehatan dua bola mata kita dalam rangka mengurangi kasus buta huruf di Indonesia! hehe. . bercanda kawan, Langsung saja kita lihat apa saja 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata itu:

Nutrisi dan Konsumsi Sehat Untuk Mata

Mengkonsumsi sayuran dan buah yang mengandung vitamin A seperti tomat dan wortel secara teratur pengkonsumsiannya, bisa 2 hari sekali ataupun 3 hari sekali. Hal ini baik untuk menjaga dan meningkatkan kualitas mata. Menurut pakar kesehatan juga disebutkan bahwa kandungan beta karoten dalam wortel adalah substansi sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Jadi tunggu apalagi, ayo bersama mengkonsumsi sayuran dan buah untuk menjaga kesehatan mata mulai sekarang!! ๐Ÿ™‚ http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/274873_100002727343540_2798013_n.jpg

Pakailah Kacamata Hitam Pada Siang Hari
Menggunakan Kacamata Hitam pada siang hari mampu melindungi Mata dari terpaan sinar matahari. Tidak hanya gelap tapi direkomendasikan gunakan Kacamata yang gelap dan berpolar karena lensa gelap hanya membuat pupil Mata Anda membesar tanpa melindunginya dari terpaan Sinar Matahari.http://tmcteammagic.files.wordpress.com/2010/02/pattimura.jpg

Jangan Membaca Sambil Tiduran

Membaca sambil Tiduran memang nyaman bagi sebagian besar kalangan namun harus diingat bahwa hal tersebut mampu membuat Mata cepat lelah. Hal ini memang nasehat klasik namun harus diperhitungkan bagi para pembaca yang suka membaca sambil tiduran karena kebiasaan tersebut mampu mengubah kemampuan dan kualitas Mata menurun 2 kali lebih cepat dari biasanya http://id.surfer-girl.com/blog/wp-content/uploads/2011/01/read-in-bed7.jpg.

Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Komputer

Layar Komputer memang tidak memiliki nilai keindahan atau ketertarikan tersendiri, namun konten atau isi daripada layar komputer memang sangat Indah bagi para pembaca baik yang sekedar mencari kawan, melepas penat, ataupun jalan-jalan di dunia maya. Alihkan pandangan dari layar komputer selama 2 sampai 3 menit agar mata tidak tegang. Lakukan yoga mata setiap jam apabila Anda harus menatap layar komputer selama berjam-jam. Caranya adalah dengan mengedipkan mata 50 kali dengan sangat cepat untuk melatih dan merelakskan otot-otot mata.
http://3.bp.blogspot.com/-Yl3T6MK0re0/TiBEtXSexFI/AAAAAAAAAE4/6JtwPuCSbdY/s1600/depan-komputer.jpg

Jika Memakai Kontak Lensa Rawatlah Dengan Baik

Menggunakan Kontak lensa memang tidak merepotkan, tapi Anda juga harus memperhatikan segi kebersihannya karena kontak lensa ini bersinggungan langsung dengan Mata.Setiap kali akan memakai atau melepasnya bilaslah dengan cairannya. Begitu juga dengan ketika Anda harus menaruhnya atau memakainya. Harus dalam kondisi steril dan aman. http://2.bp.blogspot.com/-QEmXLn9qZ_c/T6P-ogTw-vI/AAAAAAAAACc/Dh3CHku_6lU/s1600/merawat-softlens.jpg

Sumber : http://banyaknama.blogspot.com/2011/12/5-tips-menjaga-kesehatan-mata.html

Sumber

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*