Aug 28 2012

Tetap Sehat & Bugar

Published by at 10:08 pm under Perlu Diketahui

Terkadang seseorang mengetahui penyakit yang dideritanya setelah muncul banyak gejala atau dalam stadium lanjut. Untuk itu ketahui 10 cara menjadi dokter bagi diri sendiri dengan melakukan deteksi dini.

Mengetahui penyakit lebih dini akan mempermudah pengobatan yang harus dijalani serta memiliki tingkat kesembuhan yang lebih tinggi. Berikut ini 10 hal yang bisa dilakukan untuk mendeteksi penyakit lebih dini yaitu:

1. Memiliki PERF-ect day
Pada dasarnya ada 4 hal yang harus dipantau setiap hari untuk memastikan punya pola hidup sehat, yaitu jumlah buah dan sayuran yang dikonsumsi satu hari (Produce), apakah aktif bergerak (Exercise), memiliki waktu minimal 15 menit untuk menyenangkan diri sendiri (Relaxation) dan mengonsumsi cukup serat (Fibre). Jika semuanya terpenuhi, maka sudah memiliki hidup yang sehat.

2. Memeriksa kondisi tubuh setiap 2-3 bulan sekali
Mintalah pasangan atau teman dekat untuk melakukan pemeriksaan kulit dari kepala hingga ujung kaki. Perhatikan jika ada benjolan, tahi lalat yang berubah dan bintik atau ruam yang mencurigakan. Pemeriksaan di seluruh kulit termasuk kulit kepala, sela-sela jari kaki dan tangan serta bagian bawah lengan.

3. Memantau pola tidur
Ada 3 cara untuk tahu memiliki tidur yang cukup atau tidak yaitu apakah perlu alarm untuk bangun di pagi hari, apakah merasa kantuk saat sore hari dan apakah langsung tertidur setelah makan malam.
Jika ketiga jawaban tersebut 'iya' maka belum memiliki waktu tidur yang cukup. Namun jika sudah tidur cukup (sekitar 8 jam) tapi masih punya masalah tersebut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

4. Mengukur tinggi badan setiap tahun setelah 50 tahun
Hal ini sangat penting bagi perempuan sebagai cara untuk menilai postur dan kesehatan tulang. Jika tinggi badan menurun maka bisa jadi ada perubahan dalam kepadatan tulang.

5. Melacak warna urine
Urine bisa menjadi indikator kesehatan yang berguna. Urine seharusnya berwarna jernih dan tidak berbau, tapi jika warnanya kuning pekat (gelap) atau berbau, maka bisa jadi akibat kurang cairan atau masalah dalam metabolisme.

6. Menghitung detak jantung setelah olahraga
Untuk mengetahui heart rate recovery (HRR), cobalah berjalan kaki atau jogging selama 20 menit lalu menghitung detak jantung segera setelahnya selaam 15 detik dan hasilnya dikalikan 4.
Setelah itu istirahat dan duduk selama 2 menit, kemudian periksa kembali. Kurangi hasil kedua dengan yang pertama, jika di bawah 55 maka nilai HRR lebih tinggi dari normal dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

7. Jika memiliki diabetes, periksakan kaki setiap hari
Orang dengan diabetes rentan bermasalah di kaki, untuk itu periksa kaki secara teratur terhadap setiap lecet, kulit yang mengelupas, luka atau memar. Hal ini untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

8. Melakukan pemeriksaan untuk kardiovaskular
Pemeriksaan ini berguna untuk mencegah penyakit dan serangan jantung serta stroke. Faktor yang perlu diukur adalah kolesterol, status merokok, tingkat glukosa darah, EKG (Electrocardiogram) serta tekanan darah.

9. Memeriksa sisir yang digunakan
Jika melihat banyak rambut yang rontok di sisir, mintalah dokter memeriksa kadar feritin darah yang menunjukkan berapa banyak zat besi di tubuh, karena kadar yang rendah bisa menyebabkan kerontokkan rambut. Penyebab umum lainnya adalah gangguan pada hormon tiroid.

10. Periksa tekanan darah setiap 6 bulan
Pemeriksaan ini bisa dilakukan di pusat kesehatan atau di rumah. Jika nilai sistolik (angka yang di atas) lebih dari 140 (130 untuk penderita diabetes) dan diastolik (angka yang di bawah) lebih dari 90 (80 untuk penderita diabetes), sebaiknya memperhatikan pola hidup yang dijalani.

Sumber

---
tips menjaga kesehatan tubuh Anda

Dalam menjalankan aktifitas yang padat dalam keseharian kita.  Kita perlu menjaga kesehatan kita agar kita tetap sehat dan bugar jasmani maupun rohani. Karena dalam setiap aktifitas kita yang padat dan dalam keadaan sehat maka kita cenderung akan melupakan tentang menjaga kesehatan bagi rohani maupun jasmani kita. Terlalu penting dalam menjaga kesehatan kita, karena banyak orang diluar sana yang rela berkoraban jutaan rupiah hanya karena mengnginkan kesehatan (makanya bisa dibilang sehat itu mahal).


Dalam menghadapi pola kita yang sering lalai menjaga kesehatan, kami akan memberi solusi agar pola dalam keseharian kita menjadi pola hidup yang sehat. Aktivitas daan kegiatan tersebut termasuk dalam penerapan pola idup sehat. Seperti :

1. Hindari kebiasaan barang candu.

Hal ini yang sering kita lalaikan  dalam kehidupan karena banyak yang menganggap hal tersebut merupakan perbuatan yang keren. Seperti pecandu rokok, miras (minuman keras), narkoba, ganja, obaat penenang dan lain sebaginya. Padahal dalam kebiasaan tersebut banyak menimbulkan hal-hal yang negatif.

Bayangkan saja jika kita kecanduan salah satu barang haram diatas. Kita akan banyak mengeluarkaan uang yang hanya ingin menikmati barang tersebut. Sama saja kita menimbun banyak penyakit dalam diri kita. Apalagi jika penyakit tersebut sudah menggerogoti tubuh kita, maka kita akan banyak mengeluarkan uang lagi yang hanya menginginkan kesehatan. Memang dalam jangka dekat-dekat belum berdampak apa-apa akan tetapi dampak itu jika kita sudah udzur atau tua.

Dalam menggunakan barang haram tersebut pertama kita akan mendapatkan dosa besar, kedua efeknya bukan berdampak dalam diri kita saja akan tetapi orang tua, keluarga, teman, paacar, atau sekolah. Berusahalah hindari atau berhenti dalam kecanduan barang haram ini.

2. Hindari hubungan seks di luar nikah.

Nafsu dalam hal ini menjadi peran utama. Karena nafsu merupakan sifaat yang dimiliki setiap orang. Tapi ingat jangan sampai hidup unutk nafsu, tapi buatlah nafsu untuk bertaahaan hidup. Seks merupakan hal yang menyenangkan baagi setiap orang. Namun alangkah terhormatnya jika kita berhubungan seks ketika sudah dalam ikatan pernikahan. Kebanyakan ngeseks memang disepelekan bagi pasangan yang sudah terbiasa melakukannya ataupun bagi orang yang mudah terangsang tanpa iman yang kuat.

Banyak dampak yang akan terjadi dalam pergaulan bebas ngeseks diluar nikah. Seperti :

-Hamil di luar nikah dan si laki-laki lari dari tanggungjawab.
-Terkena penyakit menular seperti AIDS yang tak ada obatnya.
-Dosa besar kepada Tuhan.
-Dikucilkan dari pergaulan dan masyarakat.
-Digrebek polisi / satpol pp / hansip.
-Dibunuh pacar sendiri, diperkosa, dsb.
-Ketagihan akan orgasme dan berkembang ke tahap yang membahayakan.
-Awal dari kegiatan bodoh nomor 1 di atas.
-Susah mendapat jodoh ketika mau serius nikah.
-Berbohong pada orang tua, keluarga, kerabat, teman, dsb.
-Dan masih banyak lagi akibat buruknya.

Tujuan dari seks untuk mendapatkan klimaks / orgasme banyak didewakan oleh banyak orang yang tersesat dan mereka akan mencari korban lain untuk diajak dan diseret ke dalam lembah hitam tersebut. Jika berhbungan dengan lawan jenis maupun sesama jenis tanpa ikatan pernikahan sebaiknya jangan melihat sisi enaknya saja kalau ngesex, tapi lihat sisi negatifnya yang sangat banyak. Anda akan jijik melakukannya.

3. Makan Makanan Yang Sehat Dan Sesuai Aturan

Makanan enak belum tentu sehat. Banyak makanan serta minuman yang berbahaya dan tidak sehat apabila dikonsumsi. Contohnya seperti penggunaan boraks dan formalin sebagai pengawet makanan dan minuman yang seharusnya digonakan untuk mengawetkan mayat / jenazah / bangkai.

Kalau jajan jangan sembarangan. Belilah makanan dan minuman di tempat yang dapat terjamin kebersihan / higienitas makanan minuman tersebut. Hati-hati dan selalu waspada terhada apa pun yang akan kita masukkan ke dalam mulut kita karena bisa saja minuman atau makanan yang kita beli dan siap disantap tersebut telah dicampur dengan zat beracun yang berbahaya seperti arsenik, obat tidur, racun seangga, racun tikus, pengewet bukan untuk makanan dan minuman, dan lain sebagainya. Lihat pula kebersihan tempat serta pengolahan dan pemilihan bahan baku makanan / minuman.

Jangan mudah tergoda dengan iklan di tv, radio, surat kabar, majalah, sales, dan lain sebagainya. Terkadang produsen pun berbohong demi mendapatkan keuntungan yang besar dan bekerjasama dengan oknum pemerintah agar tutup mulut.

Makan makanan dan minuman yang bergizi yang disesuaikan dengan kondisi tubuh, aktivitas serta usia kita. Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang adalah kebiasaan yang baik. Jangan pernah lupa dengan empat sehat lima sempurna yang sering kita dengar dari dulu kala. Makan dengan asupan gizi seimbang karena apa yang kita makan akan merepresentasikan diri kita di masa yang akan datang.

4. Menjaga Kebersihan Diri Sendiri Dan Lingkungan Sekitar Kita

Kebersihan diri sendiri perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik karena terkait / berkaitan erat dengan penampilan kita di masyarakat umum. kerapihan dan kebersihan badan seperti rambut, kuku, wajah, mata, telinga, kulit, mulut, gigi, tangan, kaki, dll dapat memberi efek pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hindari bertukar peralatan mandi, bersolek, kesehatan, pakaian pribadi dengan orang lain karena mungkin dapat menularkan penyakit yang berbahaya.

Bayangkan saja kalau ada orang sakit gigi akut bisa menyebabkan dia tidak masuk kantor berhari-hari karena rasa sakitnya yang tidak tertahankan. Orang yang memiliki penampilan serta gaya yang jorok akan dijauhi dari pergaulan sehari-hari dan akan sulit mendapat teman, pacar, jodoh, pekerjaan, kepercayaan dan lain-lain.

Jaga kebersihan lingkungan dari sampah dan gangguan penyakit lingkungan karena lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Sampah yang menimbun dan membusuk mampu mengeluarkan bau yang tidak sedap / enak, pemandangan yang kumuh / kotor, bunyi lalat yang beterbangan, suara sumpah-serapah orang yang berada disekitarnya, dan lain sebagainya.

Sampah juga bisa menjadi sarang penyebar penyakit seperti tikus yang menyebarkan penyekit leptospirosis melalui kencing tikus serta tipes / tipus. Nyamuk juga bisa menyebarkan bibit plasmodium yang dapat berkibat melaria dan demam berdarah pada seseorang. lalat yang menebar bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit pencernaan seperti beri-beri, mencret, diare, dan sebagainya.

Polusi seperti limbah sampah dan wc rumah tangga, limbah pabrik, polusi suara, dan polusi lainnya perlu diselesaikan dengan sigap dan terkoordinir dengan baik antar anggota masyarakat di suatu lingkungan agar menghasilkan hasil lingungan bersih dan nyaman yang baik

5. Berolahraga Dan memeriksakan Kesehatan Ke Dokter Secara Berkala

Berolah raga secara teratur dapat memacu jantung, pernafasan dan peredaran darah menjadi lebih baik. Biasakan berolah raga setiap hari dengan kegiatan yang ringan seperti berjalan kaki, senam, fitnes, joging, bersepeda, atau melakukan olah raga penuh seperti main badminton, sepak bola, lari maraton, tenis, bola basket, dan lain sebagainya.

Selain olah raga ada lagi yang tidak kalah pentingnya dengan olahraga yaitu periksa kesehatan berkala secara teratur ke dokter. Guna pemeriksaan kesehatan terprogram adalah agar penyakit atau kelainan yang timbul dapat terdeteksi dengan lebih cepat sehingga pengobatan pun tidak akan memakan banyak biaya, waktu dan tenaga.

6. Hindari Stress Yang Berlebihan Dengan Cara Yang Sehat Dan Halal

Untuk menghindari stress diperlukan strategi untuk masing-masing individu. Carilah cara yang terbaik untuk menghilangkan stress dengan cara anda sendiri yang mudah, dapat dilakukan di mana-mana, murah meriah, sehat, halal, dan enak dilakukan. Contoh aktivitas penghilangan stres adalah seperti mendengarkan musik yang menurut pribadi enak didengar dan ngilangin beban pikiran yang ada, main video game, main musik musik, olah raga, ngobrol ama temen sobat karib, curhat, maen kartu non judi, pacaran sehat, makan, melakukan hubungan suami isteri / intim dengan pasangan yang sah, nongkrong di wc, jalan-jalan ke mall, nyanyi, main mainan anak kecil, berkebun, mancing, teriak di tempat sepi, tidur / bobo, dan lain sebagainya.

Intinya dalam hidup anda adalah nyantai aja dengan semua problema yang ada. Buat apa susah (stres), susah itu tak ada gunanya. Emosi anda jangan sampai menjadi jahat dan menguasai diri anda, karna emosi yang tidak terkendali dan terkadang menjadi dendam, sakit hati, dan lain sebagainya yang terlihat bodoh bagi orang lain. Ada masalah / problem yang bisa bikin anda depresi cuek aja lah, kayak nggak ada kerjaan laen saja.

Tidur yang cukup, dekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing asal tidak jahat, serta melaksanakan program pola hidup sehat dapat mencegah stres maupun depresi yang apabila sudah parah dan kronis bisa menjadi gangguan jiwa dan penyakit jiwa yang membuat anda perasa tertekan dan malu pada orang banyak. Konsultasikan dengan psikolog jika anda memiliki masalah kejiwaan atau orang lain yang anda percaya jika anda malu. Buka hati anda untuk menerima kritik, masukan dan saran dari orang lain dan rubah gaya hidup anda jika diperlukan demi kesehatan jiwa / batin anda.

sumber

---

Tips tips agar hidup sehat dan bugar

halo,semua,ketemu lagi di blog saya ini,Lifestyle Blog.kali ini saya akan membahas,dan mengulas tentang tips tips untuk hidup sehat dan bugar karena sehat itu mahal harganya.jadi,yang mau sehat baca artikel artikel saya di bawah ini!!!selamat membaca dan menikmati!!!

siapa yang tidak ingin hidup sehat???semua orang di dunia pasti sangat ingin hidupnya sehat jasmani dan bugar karena sehat mahal harganya.semua orang tentu tidak ingin kesehatannya terganggu atau sakit.jadi,kita semua pun harus hidup sehat dan mulai dilakukan sejak dini.pola pola hidup sehat berbagai macam caranya.semua orang memakai pola yang berbeda setiap harinya.tetapi,apakah pola hidup sehat yang dilakukannya itu dapat membuat hidup sehat 100 %????kayaknya tidak,karena kesehatan yang mereka usahakan jarang sekali berhasil dan membuat hidup sehat 100 %.berikut saya akan membagikan beberapa cara untuk membuat hidup sehat.semoga bermanfaat!!!

Bangun Pagi
hal pertama yang harus dilakukan seseorang yang ingin hidup sehat adalah bangun pagi.memang,sebagian orang jarang sekali dapat bangun pagi.tetapi,bangun pagi merupakan langkah awal menuju hidup sehat.karena disaat bangun pagi,semua otot otot kita akan terasa baik dan tidak sakit.sedangkan jika kalau bangun siang,otot otot akan terasa sedikit sakit karena terlalu lama untuk tidur.jadi,biasakanlah bangu pagi seperti jam 5-6 pagi.agar tidak terlambat bangun,pasanglah alarm jam di dekat kamu tidur.

Sarapan Tepat Waktu
sarapan tepat waktu juga adalah salah satu langkah untuk menuju hidup sehat.saat setelah bangun pagi,sarapanlah dengan tepat waktu karena jika tidak,perut kita akan terasa pedih dan sakit dan menyebabkan penyakit maag di lambung untuk menghambat langkah langkah hidup sehat.makanan untuk sarapan pun harus diatur juga,pilihlah makanan yang bergizi seperti roti,telur,dll.jadi,sarapanlah dengan teratur dan tepat waktu karena di saat bangun pagi,perut kita semua ''keroncongan''.

Olahraga Pagi
setelah melakukan sarapan,kita setidaknya harus berolahraga pagi.berlari/jogging menyusuri jalan juga termasuk berolahraga.berolahraga juga dapat dilakukan dengan senam pagi beramai ramai.di saat berolahraga,semua keringat otomatis akan keluar dan membuat kita semua 1/4 sehat.berolahraga sangat diperlukan tubuh untuk meluruskan dan mengaktifkan otot otot kita saat setelah bangun pagi.maka dari itu,berolahragalah setiap pagi.dapat dilakukan di rumah,dapat juga dilakukan di luar rumah dengan jogging.

Beristirahat
setelah berolahraga,keringat kita semua keluar berbuyur buyur dari tubuh kita.maka dari itu,kita harus beristirahat sejenak untuk menenangkan badan kita yang telah capek.beristirahat dapat dilakukan dengan tidur sejenak,makan buah buahan bergizi,membaca buku,maupun menonton televisi.pada saat beristirahat,sempatkanlah minum 2 gelas air putih untuk membasahi tenggorokan sekaligus membantu mengembalikan ion tubuh yang hilang.

Melakukan Aktifitas yang tidak membuat tubuh lelah
setelah beristirahat,banyak hal yang dapat dilakukan setelahnya.lakukanlah sedikit aktifitas untuk menenangkan pikiran dari stress.seperti bermain laptop/komputer.bermain laptop/komputer sebaiknya jangan terlalu sering,sediakanlah waktu 2-3 jam saja didepan layar.karena jika lama kelamaan di depan layar,mata kita kemungkinan akan menjadi rabun dan kabur dalam melihat sesuatu.maka dari itu,banyak banyaklah mengonsumsi vitamin A untuk mata yang lebih sehat.

Makan Siang secara teratur
setelah melakukan aktifitas yang tidak membuat tubuh menjadi lelah,pasti perut kita mulai merasakan lapar.nah,di kala itulah kita harus makan siang.waktu makan siang berkisar mulai dari jam 11 hingga jam 2.selebihnya,akan membuat perut terasa pedih dan menyebabkan maag di lambung.jadi,makan sianglah tepat waktu sehingga tidak membuat perutmu sakit atau pedih.makanan yang dikonsumsi sebaiknya yang mengandung karbohidrat.untuk membangun tenaga dari tubuh kita saat melakukan aktifitas berat.

Tidur siang
setelah makan siang,biasanya orang melakukan aktifitas lain yaitu tidur siang.kita semua diwajibkan untuk tidur siang.karena tidur siang akan membuat mata dan badan kita tidak capek.selain itu juga tidur siang berfungsi untuk menenangkan syaraf syaraf yang ada di otot mapun otak kita.tidur siang biasanya dilakukan mulai dari pukul 1 sampai pukul 4 sore.tidur siang secara tidak teratur akan membuat mata kita terasa lelah dan kemungkinan besar akan terjadi rabun.

Memakan buah buahan bergizi
sambil menunggu malam tiba,ada lagi aktifitas lain untuk dilakukan bagi yang ingin hidup sehat.yaitu memakan buah buahan bergizi.memakan buah buahan bergizi sangat diperlukan oleh tubuh untuk lebih menyegarkan dan melindungi tubuh dari penyakit seperti gondok dan hepatitis B.buah buah bergizi yaitu seperti jeruk,apel,mangga,dll.selain buah buahan,sayuran juga perlu dimakan,seperti wortel,kubis,kacang kedelai,dan lain lain.setelah memakan buah buahan dan sayuran bergizi,lanjutkanlah dengan makan malam mulai dari pukul 7 sampai dengan 9 malam.

Tidak begadang pada malam tiba
jangan biasakan begadang pada malam hari karena akan menyebabkan rabun juga.mata kita mungkin akan terasa lelah tetapi kita tidak pernah menyadarinya.boleh saja begadang,asalkan jangan terlalu sering.begadang terlalu sering akan menyebabkan bangun pagi yang terasa sakit pada semua organ tubuh.begadang juga dapat menyebabkan terlambat bangun pagi.jadi,mulailah dari sekarang untuk tidak begadang pada malam hari.

Sumber

---

Puasa Tetap Bugar

Sejak ribuan tahun lalu banyak orang melakukan puasa dengan alasan yang beragam. Namun, manfaatnya kurang lebih sama yaitu mengembalikan kondisi kesehatan tubuh.

Berpuasa menyebabkan perubahan metabolisme tubuh akibat berubahnya jadwal makan dan minum. Selama berpuasa, kinerja organ pencernaan menurun sehingga meskipun rasanya lemas, tubuh sebetulnya punya lebih banyak kesempatan memulihkan diri. Pada saat berpuasa, pasokan darah ke saluran cerna menjadi minimal sehingga aliran darah bisa lebih terkonsentrasi ke bagian tubuh yang lain. Selain itu, organ hati dan ginjal dapat sedikit beristirahat dari tugas menyaring limbah makanan dan minuman kita. Hasilnya seluruh organ penting mendapat kesempatan memulihkan dan menjadikan tubuh lebih bugar.

Puasa juga dilakukan menyambut peristiwa penting seperti mengucapkan janji  pernikahan atau menghadapi ujian, tes kerja atau mengupayakan terwujudnya suatu keinginan. Penelitian membuktikan, puasa membuat sesorang merasa lebih segar secara fisik, psikis maupun mental. Hasilnya konsentrasi menjadi lebih baik. Konsentrasi tentu sangat dibutuhkan tatkala kita harus menghadapi peristiwa penting.

Puasa dalam arti mengontrol jumlah dan kualitas asupan makanan terbukti membantu mencegah penyakit degeneratif, di antaranya ginjal, kanker, penyakit kardiovaskuler, dan diabetes. Oleh karena itu, puasa dinilai sebagai kegiatan yang menyehatkan asal diimbangi prinsip seimbang sesuai usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas sehari-hari.

Sumber

---

Trik Makan untuk Hidup Sehat

Saat emosi sedang naik turun, banyak orang, juga dunia wanita, lari ke makanan…. padahal nggak sedang lapar kan? Nah, keadaan seperti itu atau disebut emotional eating wajib dibenahi. Ketidakstabilan emosi ini akan memicu meningkatnya hormon kortisol atau pembangkit rasa lapar. Ketika kortisol meningkat muncul keinginan makan terutama yang manis-manis atau berlemak akibatnya terjadi penumpukan kalori yang akan disimpan sebagai lemak perut. Ada beberapa cara untuk mengatasinya :

Cari kegiatan positif. Buatlah jurnal apa saja yang dimakan dan diminum dalam sehari ini, dan catat apa yang dirasakan hari ini. Dengan cara ini keinginan untuk makan dapat diredam secara sadar dan dialihkan pada kegiatan lain dan akhirnya berkurang dengan sendirinya dan jurnal itu akan membantu kita untuk terus termotivasi untuk menghilangkan kebiasaan ngemil yang tidak sehat. Catat juga frekuensi olah raga dan perkembangan suasana hati. Dalam seminggu, catat faktor yang apa saja yang mampu menurunkan berat badan, misalnya banyak makan buah dan sayur atau minum air putih lebih banyak.

Cari dukungan. Ada 70% orang yang berhasil menurunkan berat badannya mengaku mereka mendapat dukungan yang sangat kuat dari lingkungan sekitar mereka. Jadi, kita bisa mengajak keluarga atau teman terdekat untuk melakukan pola makan sehat bersama atau sekadar untuk mendukung kita.

Tanya diri sendiri ‘apakah ini yang mau aku makan?’. Bertanyalah sungguh-sungguh dari dalam hati ‘apakah ini yang benar, benar,benar ingin aku makan? Dan jawabannya tentu juga dengan sungguh-sungguh dengan mempertimbangkan untung-rugi dan kepuasan bila makan makanan tersebut.

Hindari alasan menikmati hidup. ‘Ingin menikmati hidup! Masak nggak boleh sih, hidup kan hanya sekali.’ Pernyataan ini membutuhkan pengelolaan emosi yang baik sehingga kita tidak terjebak. Kita bisa menangkal pernyataan itu dengan keyakinan begini ‘benarkah saya bahagia kalo makan cake ini, kalorinya kan nggak aku butuhkan?’ Makan dan minum asal-asalan  tidak akan membawa kepuasan akibatnya kita akan makan lagi, lagi, dan lagi.

Nikmati apa yang kita santap. Hai dunia wanita…..jaga jarak dulu dari TV, laptop, game player atau ipad ketika sedang makan sehingga bisa benar-benar fokus pada makanan. Nikmati rasanya, telan dengan santai dan tidak terburu-buru. Tanpa penghayatan, makanan hanya lewat begitu saja. Akibatnya kita merasa belum makan dan ingin makan lagi dan lagi dan lagi.

Boleh makan apa saja yang sangat diinginkan, asal batasi jumlahnya. Jika sangat ingin makan coklat, silakan saja. Kita nggak dilarang untuk makan makanan manis atau berlemak sekalipun, hanya saja setiap kali kita makan batasi jumlahnya.
Sumber

---

Makan dan masakan cerdas

Siapakah sih yang pingin sehat? Semua orang pasti ingin punya badan bugar dan sehat tak terkecuali dunia wanita. Hai sahabatku dunia wanita, tahukah bahwa hidup yang sehat berawal dari dapur yang sehat? Tapi dengan berbagai kesibukan yang dilakukan wanita jaman sekarang, tak mudah untu memilih dan menyiapkan makanan yang sehat bagi keluarga. Apalagi, sekarang ini …… banyak godaan dari resto siap saji dan juga makanan instan dengan berbagai pilihan, baik rasa, harga, dan jenisnya ditambah praktis pula.

Ada beberapa tips yang berkaitan dengan dapur kita untuk menyiapkan masakan yang lebih sehat.

Mengurangi lemak dalam makanan

  • Kurangi menu makanan yang digoreng
  • Pakailah susu rendah lemak untuk menggantikan santan
  • Buang buih/lemak/lapisan minyak di atas makanan yang berkuah
  • Buang kulit unggas, karena banyak lemaknya

Memasak Cerdas

  • Lebih sering memasak dengan cara direbus atau ditim
  • Kurangi konsumsi daging olahan seperti sosis, bakso, kornet atau ikan asin, dll.
  • Hindari menggunakan minyak yang berulang-ulang, karena minyak sudah rusak
  • Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan
  • Pemberian garam beryodium sebaiknya dilakukan saat masakan akan diangkat dari api, karena yodium mudah menguap atau rusak oleh panas.

Makan Cerdas

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan jumlah sesuai kebutuhan
  • Konsumsi lebih banyak karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti gandum utuh, ubi, jagung karena lebih bernutrisi dibanding beras putih yang sudah disosoh atau mie instan
  • Kurangi konsumsi garam, gula, dan minyak
  • Makanlah sayur, salad atau buah lebih dulu
  • Pakailah piring kecil
  • Segera bersihkan meja makan sehabis makan
  • Berhenti makan sebelum kenyang

Sumber

---

3 Hal yang Membuat Anda Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat bukanlah tujuan sementara yang harus Anda rasakan hanya dalam beberapa hari saja. Melainkan harus berlangsung secara terus menerus dan dalam jangka waktu panjang. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan wajib Anda jaga demi kelangsungan dan kualitas hidup yang lebih baik. Menjadi sehat bukanlah hal sulit untuk diwujudkan. Banyak orang beralasan, bahwa kesibukan yang tinggi merupakan penghalang mereka menjadi sehat. Kenyataannya, apapun kesibukan Anda jika Anda memiliki niat yang kuat untuk menjadi sehat, Anda akan tetap berupaya untuk mewujudkannya. Berikut ini 3 kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan kapan saja, bahkan di tengah kesibukan Anda, untuk menjadikan tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Berdiri Lebih Sering

Penelitian mengungkap bahwa kebiasaan duduk berjam-jam lamanya dapat memicu masalah kesehatan yang cukup serius, di antaranyameningkatnya risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker. Bahkan dr. James Levine, seorang dokter Mayo Clinic di Rochester menyebutkan penyakit yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama sama seperti penyakit yang ditimbulkan akibat efek samping dari merokok. Jaga Tubuh Anda tetap Fit Sepanjang Hari Di Sini! Nah, untuk mencegah penyakit akibat duduk terlalu lama, lakukan latihan singkat seperti squat, lunge, dan beberapa latihan peregangan di sela aktivitas Anda. Anda juga bisa memilih beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan aktivitas tubuh Anda seperti naik turun tangga daripada naik elevator, bersepeda ke kantor, atau memakirkan kendaraan lebih jauh dari kantor agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk jalan kaki

Bantu Teman Anda

Mungkin Anda tidak akan menyangka jika gemar membantu orang lain juga dapat meningkatkan kesehatan Anda. Bahkan penelitian menyebutkan jika Anda suka memberikan kebaikan kepada orang lain, Anda dapat terhindar dari gangguan psikologis (depresi). Secara umum, orang yang membantu masalah orang lain akan fokus pada masalah orang tersebut sehingga masalah yang dialaminya sendiri terlupakan sehingga merasa lebih baik dari orang yang diberi pertolongan. Kebiasaan membantu sesama ini akan menumbuhkan sifat kasih sayang. Sifat inilah yang dapat meredam Anda dari perasaan cepat marah, yang dapat memicu stres dan bahkan meningkatkan tekanan darah Anda.

Hindari Penggunaan Ponsel Berlebihan

Sebuah studi menunjukkan bahwa tingkat stres seseorang akan cenderung meningkat akibat terlalu sering mengecek ponsel maupun gadget lainnya guna melihat pesan-pesan yang masuk tiap menitnya. Belum lagi kebiasaan mengutak-atik ponsel hingga pada akhirnya ponsel yang Anda gunakan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kebiasaan ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari hal penting lainnya, merusak suasana hati Anda dan meningkatkan stres. Untuk mengatasinya, berikan diri Anda waktu istirahat 1 hari dari segala hal yang berhubungan dengan ponsel. Cobalah bersosialisasi secara langsung dengan kerabat Anda, karena hal ini akan membuat Anda lebih bebas untuk berekspresi dan membuat tubuh menjadi rileks. Matikan ponsel Anda, atau aktifkan silent mode menjelang waktu istirahat, agar Anda dapat beristirahat dengan baik dan lebih bugar kesesokan harinya.

Sumber

---

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur atau mengorok merupakan suara bergetar yang ditimbulkan saat kita dalam keadaan tidur. Suara ini biasanya ditandai dengan bunyi yang cukup keras yang berasal dari rongga mulut dan hidung. Suara dengkuran ini terjadi akibat menyempitnya saluran nafas sehingga jaringan lunak pada langit-langit mulut di dekat tenggorokan bergetar. Meski orang dengan berat badan berlebih berisiko tinggi tidur mendengkur namun pada kenyataannya, hampir semua orang pernah mendengkur berapapun berat badan mereka. Ketahui penyebab kebiasaan ini serta cara mengatasinya secara tepat.

Penyebab Mendengkur

Posisi Tidur
Tidur telentang merupakan salah satu penyebab tidur mendengkur. Saat tidur telentang, posisi mulut akan cenderung terbuka dan lidah akan terdorong ke dalam tenggorokan sehingga dapat menyebabkan penyumbatan saluran nafas dan menyebabkan suara dengkuran.

Kebiasaan Merokok
Selain tidak sehat bagi kesehatan paru-paru dan jantung Anda, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan tidur mendengkur. Merokok dapat memicu peradangan pada tenggorokan dan saluran nafas. Peradangan inilah yang pada akhirnya dapat mengkibatkan suara dengkuran saat tidur.

Gangguan pada Hidung
Beberapa orang mendengkur karena mereka mengalami alergi, perubahan cuaca, atau ketika mereka memiliki infeksi sinus. Kelainan bentuk hidung seperti septum yang menyimpang (perubahan struktural pada dinding yang memisahkan satu lubang hidung dari yang lain) atau polip hidung juga bisa menyebabkan tidur mendengkur.

Kelebihan Berat Badan
Orang dengan kelebihan berat badan biasanya akan memiliki jaringan tenggorokan yang lebih besar pula. Pembesaran tenggorokan ini dapat mengakibatkan penyempitan saluran pernafasan dan menyebabkan tidur mendengkur.

Sleep Apnea
Sleep apnea merupakan gangguan atau kelainan yang ditandai dengan berkurangnya bahkan berhentinya nafas selama tidur. Periode apnea dapat terjadi 10 detik atau lebih. Hal ini dapat menyebabkan penghentian aliran udara yang berdampak pada penurunan oksigen dalam darah sebesar 4%, sehingga secara langsung menyebabkan pengurangan transfer oksigen ke dalam darah.

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur
Berikut ini ada beberapa cara efektif untuk mengatasi kebiasaan mendengkur, yaitu:

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengubah posisi tidur Anda. tidur dalam posisi miring akan membantu Anda mengurangi dengkuran
Hentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman keras.
Kurangi kelebihan berat badan Anda dengan cara mengatur pola makan dan olahraga rutin 3-5 kali seminggu.

·  Konsultasikan dengan dokter apakah kebiasaan mendengkur Anda berhubungan dengan penyakit tertentu atau tidak. Selamat Mencoba 🙂

sumber

---

3 Hal yang Membuat Anda Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat bukanlah tujuan sementara yang harus Anda rasakan hanya dalam beberapa hari saja. Melainkan harus berlangsung secara terus menerus dan dalam jangka waktu panjang. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan wajib Anda jaga demi kelangsungan dan kualitas hidup yang lebih baik. Menjadi sehat bukanlah hal sulit untuk diwujudkan. Banyak orang beralasan, bahwa kesibukan yang tinggi merupakan penghalang mereka menjadi sehat. Kenyataannya, apapun kesibukan Anda jika Anda memiliki niat yang kuat untuk menjadi sehat, Anda akan tetap berupaya untuk mewujudkannya. Berikut ini 3 kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan kapan saja, bahkan di tengah kesibukan Anda, untuk menjadikan tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Berdiri Lebih Sering

Penelitian mengungkap bahwa kebiasaan duduk berjam-jam lamanya dapat memicu masalah kesehatan yang cukup serius, di antaranyameningkatnya risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker. Bahkan dr. James Levine, seorang dokter Mayo Clinic di Rochester menyebutkan penyakit yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama sama seperti penyakit yang ditimbulkan akibat efek samping dari merokok. Jaga Tubuh Anda tetap Fit Sepanjang Hari Di Sini! Nah, untuk mencegah penyakit akibat duduk terlalu lama, lakukan latihan singkat seperti squat, lunge, dan beberapa latihan peregangan di sela aktivitas Anda. Anda juga bisa memilih beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan aktivitas tubuh Anda seperti naik turun tangga daripada naik elevator, bersepeda ke kantor, atau memakirkan kendaraan lebih jauh dari kantor agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk jalan kaki

Bantu Teman Anda

Mungkin Anda tidak akan menyangka jika gemar membantu orang lain juga dapat meningkatkan kesehatan Anda. Bahkan penelitian menyebutkan jika Anda suka memberikan kebaikan kepada orang lain, Anda dapat terhindar dari gangguan psikologis (depresi). Secara umum, orang yang membantu masalah orang lain akan fokus pada masalah orang tersebut sehingga masalah yang dialaminya sendiri terlupakan sehingga merasa lebih baik dari orang yang diberi pertolongan. Kebiasaan membantu sesama ini akan menumbuhkan sifat kasih sayang. Sifat inilah yang dapat meredam Anda dari perasaan cepat marah, yang dapat memicu stres dan bahkan meningkatkan tekanan darah Anda.

Hindari Penggunaan Ponsel Berlebihan

Sebuah studi menunjukkan bahwa tingkat stres seseorang akan cenderung meningkat akibat terlalu sering mengecek ponsel maupun gadget lainnya guna melihat pesan-pesan yang masuk tiap menitnya. Belum lagi kebiasaan mengutak-atik ponsel hingga pada akhirnya ponsel yang Anda gunakan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kebiasaan ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari hal penting lainnya, merusak suasana hati Anda dan meningkatkan stres. Untuk mengatasinya, berikan diri Anda waktu istirahat 1 hari dari segala hal yang berhubungan dengan ponsel. Cobalah bersosialisasi secara langsung dengan kerabat Anda, karena hal ini akan membuat Anda lebih bebas untuk berekspresi dan membuat tubuh menjadi rileks. Matikan ponsel Anda, atau aktifkan silent mode menjelang waktu istirahat, agar Anda dapat beristirahat dengan baik dan lebih bugar kesesokan harinya.

Sumber

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*