May 16 2012

Press Conferences

Published by at 11:55 am under Pelatihan

Dahulu……

Satu mic, Banyak corong

Sekarang

Banyak Mic, Sedikit Corong

--
Trends on ownership and media behaviour
Conglomeration
Multi Platforms / Cross Channels

--

The 3S of Press Conf…..
Setting
Setup
Show
…… and start with Action!
--


Check List:
Tujuan: Reaction vs Action
Venue: formal vs informal crowds vs groups
All the President’s men
Undangan: who’s who
Press Kit: docs and momentos
---
Terhadap Berita Positif

  • Bersikap rendah hati dan beritikad baik terhadap berita positif di media mengenai organisasi anda.
  • Biarkan fakta dan kejadian yang berceritera tanpa perlu dibesar-besarkan atau dijadikan retorika ke-arogansi-an.
  • Hindari mengkuliahi pesaing anda “tuh, betul ‘kan”; sebaliknya perlihatkan toleransi dan itikad baik.
  • Ambil sikap rendah hati atas kiat sukses dan sukses itu sendiri agar bisa mengambil untung dari liputan positif yang ditawarkan media.

Terhadap Berita Negatif

  • Bersikap terbuka, direct, dan langsung mengakui/menerima berita negatif itu.
  • Beri kesimpulan atas situasinya dan pendapat anda / dan tanggapi secara lugas.
  • Jelaskan dgn contoh2, statistik, atau ilustrasi.
  • Simpulkan kembali pesan kunci anda

Reaksi terhadap Krisis
Akui secara singkat situasinya dan jelaskan secara lugas tindakan yang telah anda ambil untuk mengatasi krisis. TIDAK CUKUP hanya dengan menyatakan faktanya saja dan menyimpulkan “semuanya AMAN dan terKENDALI” tanpa memberi penjelasan pada kesimpulan demikian.

Reaksi terhadap Krisis

  • Berikan semua informasi dengan bahasa yang jelas bagi masyarakat awam. Jangan gunakan “jargon” teknis.
  • Nyatakan keprihatinan anda atas nasib para karyawan, pemegang saham, dan masyarakat umum yang mungkin jadi korban akibat krisis.
  • Yakinkan kepada audience anda akan senantiasa memberi informasi terakhir atas kejadian dan tindakan yang diambil.
  • Buat pernyataan yang bisa menjadi “headline”, yaitu pernyataan yang jelas dan lugas, dan seluruh pesan ada dalam satu kalimat.
  • Katakan yang ingin anda katakan; Titik.
  • Jangan terpancing oleh untuk “nyerocos” pada mic wartawan.
  • Jangan biarkan emosi anda terpancing oleh wartawan dgn pernyataan yang bisa jadi bahan kontroversi dan “gosip”.
  • Ingat! “no comment” atau mengelak bisa dianggap sebagai sikap bersalah atau menutup-nutupi.
  • Gunakan KRISIS sebagai peluang untuk membangun CITRA sebagai perusahaan/organisasi yang memiliki kredibilitas, dapat dipercaya, jujur, dan bertanggung jawab.

Tips menjawab pertanyaan….

  • Answer One Question at a Time; Avoid Multiples.
  • Stop Your Own Monologue Answers (max 45 detik)
  • Turn a Negative Question into a Benefit Statement.
  • Bridge from the Questioner’s Agenda to Yours.
  • Know When Flippant Answers Are Out of Line.
  • Forget Feedback if You Want to Show Confidence in Your Answer.
  • Use Verbal Stalls with Care
  • Remember That the Whole Performance Counts.
  • Setting
  • Setup
  • Show
  • …… and close with Action!

Photo
SPS Executive Course

Konferensi Pers by Kukuh Sanyoto dalam Workshop How to Handle Press Well "Mengelola Krisis di Media & Merancang Hak Jawab" 15 Mei 2012, di Harian Kedaulatan Rakyat - Yogyakarta

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*