Mar 27 2012

Pesona dEmO Makassar

Published by at 10:01 am under Sketsa

Melihat kota Makassar di TV berarti kegiatan Demo. Ya begitulah kata seorang guide lokal Makassar yang menyatakan kotanya adalah Raja Demo. Tidak salah juga ini merupakan salah satu karakter warganya sebagai bagian ekspresi yang dilindungi undang-undang. Asalkan Demo itu tertib dan tidak anarkis, kenapa tidak. Beda persoalan bila sudah mengarah kericuhan dan kekacauan yang berdampak pada merugikan kepentingan umum, maka demo apapun tidak bisa dibenarkan.

Namun setelah rombonganku hadir dan melihat langsung kota Makassar dengan kepala sendiri, penglihatan sebagaimana di TV itu hanya ada di sudut-sudut tertentu. Disudut lain terutama tujuan wisata, apakah kebetulan ataukah luput dari sasaran demonstran atau memang sudah ada kode etik tertentu khususnya pada masyarakatnya untuk melakukan demonstrasi pada waktu dan wilayah tertentu yang langsung mengena pada sasaran yang tepat.

Sejumlah organisasi mahasiswa dan masyarakat di Solo mengadakan aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di Jalan Jendral Sudirman, Solo, Senin (26/3). TEMPO/Andry Prasetyo.

Kendaraan taktis lapis baja Barracuda dan water cannon Polri berjaga di Kompleks DPR-MPR-DPD, Senayan, Jakarta, Senin (26/3). FOTO ANTARA/Andika Wahyu.

Mahasiswa melempar bom molotov saat terlibat bentrok dengan aparat Kepolisian di depan Stasiun Gambir, Jakarta, (27/3). Bentrokan terjadi saat demonstrasi menolak kenaikan BBM. TEMPO/Wisniu Agung Prasetyo

Keluarga pengumpul barang bekas sedang beristirahat di sekitar kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (26/3). Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dinilai sebagai langkah terbaik oleh pemerintah, karena subsidi bahan bakar minyak (BBM) selama ini hanya dinikmati warga kaya. TEMPO/Subekti.

Para personel gabungan Polri dan TNI akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan jelang puncak demo BBM pada, (27/3) di Jakarta yang dipusatkan di Bunderan HI, Istana Merdeka dan Monas. ANTARA/Dhoni Setiawan.

Sekitar 8.000 personil TNI dikerahkan untuk membantu Polri dalam menangani pengamanan demonstrasi penolakan BBM di Jakarta pada Selasa (27/3). FOTO ANTARA/Zabur Karuru.

Para personil TNI AD disiagakan membantu Polri dalam menghadapi terjadinya demonstrasi atas kenaikan harga BBM. FOTO ANTARA/Zainuddin MN.

---

Sumber: http://www.tempo.co/read/beritafoto/1630/Aksi-Demo-di-Depan-Gedung-DPR/3

---

Puluhan warga Tanah Merah Plumpang berunjuk rasa di KPUD DKI Jakarta, Senin (26/3). Dalam aksinya mereka antara lain membawa kartu pemilih mereka yang bertuliskan RT 00 RW 00 yang seharusnya tidak dapat mereka peroleh karena Warga Tanah Merah sudah puluhan tahun tinggal di daerah tersebut dan tidak memiliki KTP sebagai identitas sah penduduk Indonesia. TEMPO/Tony Hartawan.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo (kanan) terlihat kelelahan bersama Menteri ESDM Jero Wacik dan Dirjektur Jenderal Migas Kementerian ESDM Evita H. Legowo (kiri), saat mengikuti rapat kerja secara marathon dengan Badan Anggaran, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin, (26/3). TEMPO/Imam Sukamto.

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*