Jan 17 2012

Alhamdulillah UII Tetap yang Terbaik

Published by at 8:48 am under Tajuk

Puji syukur alhamdulillah, dengan rahmat dan inayah Allah Swt, ikhtiar UII untuk selalu menjadi yang terbaik berbuah hasil menggembirakan. Dalam pemeringkatan 4 International College and Universities (4ICU) yang baru saja di rilis dalam situs resminya, menempatkan Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) peringkat pertama di Kopertis Wilayah V dan peringkat ke-2 PTS secara nasional (lihat http://www.4icu.org/id/). Posisi UII, secara nasional baik di kalangan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun PTS menunjukkan peningkatan yang signifikan dari periode sebelumnya, yakni naik 5 peringkat ke posisi 13, dari posisi sebelumnya di peringkat 18. Capaian ini menunjukkan bahwa UII tetap istiqamah menjadi PTS favorit di Yogyakarta.

Apa itu 4ICU? 4ICU merupakan model pemeringkatan lembaga pendidikan tinggi berbasis mesin pencari dan direktori non komersial untuk lebih dari 12.000 lembaga pendidikan tinggi di 200 negara. Perankingan dilakukan dengan menggunakan metode algoritma dan didasarkan pada tiga mesin pencari independen seperti google page rank, majestic dan alexa traffic rank. 4ICU di antaranya bertujuan membantu dosen dan mahasiswa internasional mencari secara spesifik informasi tentang popularitas sebuah universitas di sebuah negara.

Menyambut prestasi ini, Rektor UII mengemukakan statemen yang bijak, “Selama ini UII melihat bahwa pemeringkatan yang digunakan oleh 4ICU dan lembaga lainnya sebagai benchmarking dalam upaya pengembangan pelayanan kampus, bukan tujuan akhir. Dengan demikian, yang dilakukan UII bukanlah mengejar peringkat, melainkan memberikan penguatan kepada badan dan unit terkait agar sebagai sebuah institusi pendidikan UII mampu memenuhi standar internasional yang diacu tersebut”.

Prestasi ini meningkatkan capaian UII sebagai perguruan tinggi bercirikan keislaman yang sejak awal berdirinya dicita-citakan untuk berkelas dunia. Pencapaian standar internasional yang tercapai saat ini merupakan aspek penting dan mutlak harus dipenuhi untuk mempersiapkan UII untuk benar-benar menjadi perguruan tinggi berkelas dunia.

UII terus berkomitmen untuk menetapkan diri menuju WCU (World Class University). Salah satu upayanya adalah melalui peningkatan karya ilmiah dosen. Sejak tahun 2010, UII telah memprogramkan “Insentif Peningkatan Kinerja Karya Ilmiah Program Studi”. Pemberian insentif ini antara lain bertujuan untuk mengevaluasi kinerja karya ilmiah masing-masing program studi khususnya di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di setiap program studi. Penilaian dilakukan berdasarkan laporan/rekap jumlah karya ilmiah dosen-dosen di tingkat prodi. Program ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dengan mewajibkan setiap prodi untuk ikut serta dalam program ini. Pada tahun 2011, untuk kelompok prodi eksakta, Prodi Ilmu Kimia dinobatkan menjadi juara I disusul Prodi Statistika sebagai juara II. Sedangkan untuk kelompok Prodi Sosial menempatkan Prodi Ilmu Ekonomi sebagai Juara I disusul juara II Prodi Ilmu Hukum. Untuk juara I masing-masing bidang memperoleh insentif sebesar 15 juta rupiah, sedangkan juara II sebesar 12 juta rupiah. Kami sampaikan selamat kepada para juara, semoga berkah dan menginspirasi prodi lain untuk lebih meningkatkan kinerja karya ilmiahnya.

Upaya lain yang dilakukan UII untuk mencapai WCU adalah melalui Badan Pengembangan Akademik (BPA) UII menyelenggarakan Program Hibah Kompetisi Program Studi (PHK-PS). PHK-PS adalah hibah yang diberikan UII kepada Program Studi (Prodi) di lingkungan UII guna meningkatkan kualitas kelembagaan dan pengelolaan Prodi dalam upaya mencapai status akreditasi tertinggi dan menuju WCU. Jumlah hibah yang disediakan UII pada periode kali ini mencapai 2 miliar rupiah, dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Begitu juga dalam jumlah grantees (pemenang) hibah yang juga ditingkatkan menjadi dua kali lipat menjadi 6 grantees. Berdasarkan hasil rangkaian seleksi, Program Studi yang dinyatakan diterima sebagai pemenang Program Hibah Kompetisi Program Studi (PHK-PS) tahun 2012 adalah : Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan, Prodi Arsitektur, Prodi Teknik Mesin, Prodi Manajemen, Prodi Teknik Informatika, dan Prodi Teknik Elektro. Kami sampaikan selamat kepada para pemenang, semoga berkah dan menginspirasi prodi lain untuk lebih baik lagi membuat perencaan yang dituangkan dalam proposal.

Upaya lain yang terus dilakukan UII untuk menuju WCU adalah dengan terus melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi international. Baru-baru ini UII bekerjasama dengan Ritsumeikan University (RU) yang ditandai dengan penandatanganan naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding – MoU), pada Kamis 22 Desember 2011, di Suzaku Campus, Ritsumeikan University, Kyoto Japan. Kerjasama ini menambah jumlah kerjasama yang selama ini juga telah terjalin dengan perguruan tinggi di Jepang, antara lain kerjasama antara UII dan Kyoto University. Kerjasama lain yang dilakukan belum lama ini adalah dengan SolBridge International Schol of Business (SISB), Korea dalam bentuk program double degree. Ke depan, mahasiswa International Program Universitas Islam Indonesia (FE UII), khususnya prodi manajemen, dapat mengambil program double degree, di SolBridge International Schol of Business (SISB), Korea.

Berbagai capaian dan prestasi yang diraih UII berpengaruh positif terhadap animo calon mahasiswa untuk masuk UII. Hal ini terbukti pada Seleksi PBT Cepat I yang pendaftarannya hanya 1 hari saja, yaitu Sabtu 14 Januari 2012 dan ujian hari esoknya, pendaftarnya mencapai 621 calon mahasiswa, meningkat daripada tahun lalu. Mulai edisi ini, guna memberikan informasi lebih lengkap kepada masyarakat dan calon mahasiswa baru, UIINews akan menampilkan profil Fakultas dan Prodi di UII. Semoga dengan berbagai ikhtiar yang dilakukan melalui kerjasama seperti ini dan berbagai program yang dilaksanakan benar-benar merupakan langkah yang tepat untuk konkretisasi dan pemantapan diri sebagai perguruan tinggi kelas dunia dan selalu menjadi yang terbaik. Amin.

Pemred UIINews: Nur Kholis

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*