Nov 13 2011

Pelatihan Ops. e-Doc untuk Staff UII

Published by at 2:44 pm under News

KALIURANG (UII News) - Badan Sistem Informasi (BSI) berusaha membangun hubungan yang baik dengan stake holder, serta membangun sebuah konsep manajemen konten website UII beserta sub domain di dalamnya. Untuk melakukan pengelolaan manajemen tersebut, BSI membuat Divisi Layanan Klien dan Inherent, yang mengimplementasikan aplikasi UII yang telah dibangun, termasuk manajemen konten website, manajemen konten e-learning dan Inherent.

Secara organisasional, divisi ini bertugas melakukan koordinasi aktif dalam mengembangkan e-learning di lingkungan UII dan pelaksanaan pelatihan/workshop bagi SDM di UII guna peningkatan kinerja dan layanan sistem informasi. Selain itu, implementasi aplikasi baru dan manajemen konten untuk aplikasi web menjadi tanggung jawab yang harus dijalankan divisi ini. Divisi ini terus melakukan inovasi dan kreatifitas sehingga mampu melakukan kinerja yang optimal dalam menjalin sebuah komunikasi yang baik dengan para stake holder UII.
Untuk itulah BSI melalui Divisi Layanan Klien, dan Inherent pada semester ganjil tahun akademik 2011/2012  mengadakan training/pelatihan sistem-sistem informasi lanjutan yang ada di lingkungan UII. Untuk materi e-Doc bertempat di Ruang Internet Student Service (d.h Cyber Space BSI) lantai Basement Gedung Rektorat GBPH Prabuningrat Kampus Terpadu UII, Kamis, 27 Oktober 2011 berlangsung Pelatihan Operasional e-Doc Staff UII Angkatan lanjutan, diikuti 13 peserta tenaga kependidikan lintas Fakultas dan Rektorat. Peserta kali ini merupakan peserta yang melakukan pengisian formulir pendaftaran secara online.
Pelatihan tunggal dengan materi operasional e-Doc disampaikan Divisi Layanan Klien & Inherent Fitria Prihatini  ST. Dalam e-Doc meliputi elektronic document, openKM, Portable Document Format (PDF-ISO 32000-1:2008) dan document management system. Adapun keuntungan e-Doc meliputi Sharing document yaitu dapat berbagi dengan siapa saja. Security document, dapat mengatur keamanan user dan file. Pencarian dokumen menghemat waktu dan biaya. Technologi cost seperti computer spec, storage, data migration dan Pengurangan penggunaan kertas (Go Green). Adapun alamat e-Doc berada di http://edoc.uii.ac.id dengan login unisys.


Untuk fungsi setelah masuk di e-Doc yaitu membuat folder (setting security), memasukkan dokumen, hapus – rename – pindahkan, download – check out – check in, kunci – buka kunci, export ke ZIP – play – viewer gambar. Berikutnya cara menset default home, menambah keyword serta menambah subskripsi – hapus subskripsi. “Dengan adanya e-Doc kita bisa menyimpan file berupa data di rumah maya UII sekaligus dapat berbagi, baik yang bisa diakses untuk semua di kalangan UII maupun kalangan terbatas,” pesan Fitri.
Adapun materi training sebagaimana disampaikan Divisi Layanan Klien & Inherent IT Support BSI Ervin  Yulianita Indriyani  ST, secara keseluruhan yang ditawarkan meliputi: Klasiber  (untuk dosen), Blog, Forum dan Email (untuk dosen, karyawan dan mahasiswa), Groupware dan Edoc (untuk Unit dilingkungan UII). Sedangkan persyaratan peserta cukup mengisi formulir pendaftaran online yang tersedia di website BSI via http://bsi.uii.ac.id/workshop-training/training-sistem-informasi-uii.html. dengan mengisikan: nama lengkap, email (harus email UII), nomor telp/HP, NIP (untuk dosen), NIK (untuk karyawan), NIM (untuk mahasiswa) dan memilih materi training yang akan diikuti (boleh lebih dari satu sesuai dengan ketentuan peserta). Sedang daftar peserta yang disetujui dan jadwal pelaksanaan akan diumumkan di website ini dan untuk peserta akan dikonfirmasi via email atau telepon.
Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran training silahkan hubungi sekretariat Badan Sistem Informasi gedung GBPH Prabuningrat (Rektorat) Lt. 4, Kampus Terpadu UII Jl. kaliurang KM 14,5 Yogyakarta Telp (0274) 898444 - ext 1414. Informasi bila ada kendala dapat menghubungi ITSupport melalui email : itsupport@uii.ac.id atau telephone : 0274.898444 ext.1414 (Tri Sihono)

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*