Oct 28 2011

Prestasi Dosen UII, Selama Satu Tahun Terakhir

Published by at 9:03 am under News

Dosen FMIPA UII Raih L’OREAL-UNESCO Fellowship Nasional
Dr. Is Fatimah, S.Si., M.Si., Dosen Program Studi Ilmu Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII, kembali torehkan prestasi. Kali ini prestasi diraihnya dari program “L’Oreal Indonesia Fellowship for Women in Science,”  yang di prakarsai United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) bersama L’Oreal Indonesia sebagai wujud  penghargaan yang diberikan kepada peneliti perempuan di Indonesia.


Dalam acara penganugrahan yang disampaikan oleh Jean-Christophe Letellier selaku Presiden Direktur L'Oreal Indonesia yang berlangsung di Hotel Gran Melia, Jakarta, Rabu (19/10), Dr. Is Fatimah terpilih menjadi pemenang pada kategori Material Sciences.

Rektor UII Terpilih Sebagai Ketua Umum APTISI Periode 2011-2015
Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia atau APTISI yang berlangsung sejak Senin (27/6) dan ditutup Selasa (28/6) malam pukul 22.30 WIB di Hotel Mercure Ancol Jakarta, menetapkan Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc sebagai Ketua Umum APTISI periode 2011-2015.
Dalam proses pemilihan tersebut, pada tahap pencalonan Prof Dr Edy Suandi Hamid mendapatkan 11 dari 24 suara wilayah APTISI, mengungguli calon lainnya yakni Prof Dr Suyatno Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) dengan 6 suara, Dr Budi Djatmiko dengan 3 suara, dan Prof Dr Laode Kamaluddin Rektor Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA) Semarang dengan 2 suara.

Dosen Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah V dari UII
Dr. Is Fatimah, S.Si., M.Si., dosen pada Program Studi Ilmu Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII, terpilih sebagai dosen berprestasi terbaik Tingkat Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2011. Atas keberhasilannya ini, Dr. Is Fatimah selanjutnya akan mengikuti seleksi pemilihan dosen berprestasi  di tingkat nasional.
Sebagai seorang dosen, sosok Dr. Is Fatimah sejak awal memang dikenal sebagai dosen yang aktif dalam berbagai penilitian, selain juga kerap kali memenangkan hibah baik yang berasal dari DIKTI maupun dari RISTEK. Dengan banyaknya karya tulis ilmiah yang ditulisnya, Dr. Is Fatimah juga dinobatkan sebagai Dosen Tetap Produktif dalam Penulisan Karya Ilmiah untuk tahun 2010. Tidak hanya itu, Dr. Is Fatimah juga tercatat hampir setiap tahunnya selalu berada di 3 besar dosen terproduktif di lingkungan UII.

Dosen FE UII Raih SAP UA Outstanding Academic Award 2010 Southeast Asia
Dra. Primanita Setyono, MBA. Ak, dosen pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia  (FE UII) peroleh Outstanding Academic Award 2010 dari System Application and Product (SAP) University Alliance Southeast Asia 2010, Singapura, pada Kamis 9 Juni 2011. Pemberian penghargaan diberikan kepada akademisi yang berprestasi dari universitas yang tergabung dalam SAP University Alliance.
SAP University Alliance Southeast Asia memandang bahwa peran leadership yang dilakukan Dra. Primanita Setyono, MBA., dalam mencetak mahasiswa pada prodi akuntansi UII menjadi "techno-functional", kombinasi bisnis dan high IT qualification mampu membuat kualifikasi lulusannya sangat dikenal (well sought-after) oleh customer SAP atau perusahaan pengguna SAP dan SAP partner implementasi di Indonesia.

Guru Besar FTSP UII, Prof. Sarwidi Terima ATAKI Award
Penganugerahan ATAKI Award ini diperoleh Prof. Sarwidi atas komitmen dan konsistensinya dalam pengurangan dampak bencana gempa bumi melalui berbagai inovasi, sosialisasi, dan pelatihan bangunan rumah rakyat tahan gempa (BARRATAGA) bersama dengan ATAKI.
ATAKI merupakan salah satu asosiasi profesi konstruksi terbesar yang tergabung dalam Lembaga Pembina Jasa Konstruksi (LPJK). ATAKI mempunyai kepengurusan di tingkat nasional dan di tingkat provinsi serta konsen dalam sosialisasi bangunan tahan gempa di Indonesia. Penganugerahan ATAKI Award ini diberikan oleh Menteri Pekerjaan Umum yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum pada acara Musyawarah Nasional ATAKI di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Selasa (26/4).
Dosen FH UII Dilantik Sebagai Ketua KPK dan Ketua KY
Dua staf pengajar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) akhirnya dilantik Presiden RI, Senin (20/12) siang. Dr. M. Busyro Muqoddas dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah hampir sebulan terpilih. Dr. Busyro Muqoddas diangkat melalui Keputusan Presiden Nomor 129P/2010 tertanggal 10 Desember 2010. Sesuai dengan ketentuan Kepres tersebut, Dosen FH UII itu akan melaksanakan tugas sebagai Ketua KPK selama satu tahun ke depan.
Dalam kesempatan yang sama, satu dosen FH UII lainnya, Dr. Suparman Marzuki, juga dilantik sebagai Anggota Komisi Yudisial RI. Dr. Suparman Marzuki dilantik sebagai Komisioner KY bersama enam nama lainnya, yakni Eman Suparman, Abbas Said, Imam Anshori Saleh, Taufiqurrahman Syahuti, Jaja Ahmad Jayus, dan Ibrahim.

Dosen Akuntansi UII Raih Juara II – IAI Essay Competition 2010
Rifqi Muhammad, M.Sc., salah satu dosen Prodi Akuntansi UII kembali menorehkan prestasi di ajang IAI Essay Competition 2010 dalam rangka Kongres IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) ke-11 yang diselenggarakan 8-10 Desember 2010 di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Rifqi Muhammad yang mempresentasikan essay dengan judul: Strategi Penguatan Profesi Akuntan Indonesia: Upaya Menuju Organisasi yang Berkarakter, Profesional, dan Modern akhirnya berhasil meraih Juara II.

Dr. Suparman Marzuki Ditetapkan Sebagai Komisioner KY
Senin (6/12) pagi, dosen FH UII lainnya, Dr. Suparman Marzuki, SH., M.Si, juga ditetapkan sebagai salah satu komisoner di Komisi Yudisial RI. Penetapan dilakukan melalui Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat setelah Kamis pekan silam, Dr. Suparman Marzuki bersama enam nama lainnya terpilih melalui jalur voting. Hasil voting itu menunjukkan, Eman Suparman memperoleh suara terbanyak, 51 suara. Disusul, Abbas Said dengan 42 Suara, kemudian secara beruntun, Imam Anshori Saleh 40 suara, Taufiqurrahman 39 suara, Suparman Marzuki 38 suara, Jaja Ahmad Jayus 37 suara, dan Ibrahim 36 suara.

Dr. Busyro Muqoddas terpilih sebagai Ketua KPK
Kamis (25/11) siang, Komisi III DPR menetapkan staf pengajar Universitas Islam Indonesia (UII), Dr. M. Busyro Muqoddas, SH., M.Hum sebagai pimpinan baru menggantikan Antasari Azhar di KPK. Kehadiran Busyro Muqoddas juga sekaligus menggenapi jumlah pemimpin di salah satu lembaga harapan rakyat Indonesia itu.
Busyro Muqoddas terpilih sebagai sebagai pimpinan KPK setelah menjalani uji kelayakan di gedung DPR sejak Rabu kemarin. Dalam pemungutan suara sehari setelahnya, Dosen FH UII yang juga pernah menjabat Ketua LKBH UII itu mendapatkan 34 suara dari 55 anggota DPR di Komisi III, mengungguli satu calon lainnya, Bambang Widjojanto, yang mendapatkan 20 suara. Satu suara lainnya memilih abstain.

by Data Humas

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*