Oct 21 2011

Staf PR Harus Mencintai Pekerjaannya

Published by at 2:34 pm under News

KALIURANG (UII News) – Rektor UII Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec mengharapkan kehadiran staf Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relation (PR) mampu merancang kegiatan yang menjadikan pihak lain tertarik dan mencitai institusi Universitas Islam Indonesia (UII). Selain itu sebagai Humas, mampu membangun citra yang positif bagi UII.

.


Hal itu disampaikan Rektor UII Prof. Edy Suandi Hamid ketika membuka sekaligus memberi arahan terhadap peserta pelatihan Humas dan Protokol di lingkungan UII, di gedung kuliah umum (GKU) Prof. Dr. Sardjito, kampus terpadu UII, Rabu 28 September 2011. Peserta pelatihan 32 orang terdiri utusan dari unit dan fakultas di lingkungan UII masing-masing 3 orang, berlangsung selama 2 hari, hingga Kamis, 29 September 2011, ungkap penanggungjawab program, Direktur DOSDM Ery Arifuddin, SH, M.Hum.
Selain itu Rektor berharap setiap staf PR harus menyenangi pekerjaan yang diamanahkan kepadanya. Juga percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan baik terhadap siapa saya baik ke dalam maupun pihak luar kampus, serta menjalin relasi dan cepat menyesuaikan diri, memiliki akses terhadap informasi, ber-etika dengan baik dan mampu menyampaikan informasi dengan jelas (komunikasi yang efektif) dan kontektual.  “Sungguhpun demikian sebetulnya seluruh civitas akademika UII, baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa, bahkan satpam dan cleaning service pun termasuk mengemban fungsi PR untuk menjaga citra UII,” tegas Prof. Edy Suandi Hamid.
Sebagai narasumber Dosen Ilmu Komunikasi FPSB UII Iwan Awaluddin Yusuf, SIP, M.Si yang menyampaikan materi Fundamental PR Universitas, Ahmad Munthaha, M.Si tentang Public Relation Wrinting, serta Dendy Susilo Adhyarso tentang MC & Protokoler. Pada saat sesi Ahmad Munthaha saat latihan penulisan feature, ternyata dari 3 kandidat yang berhasil menyelesaikan dari 15 menit tenggat bisa tepat waktu, maka humas FTSP UII yang juga reporter UII News Muhammad Haryo Subodro berhasil mendapatkan bonus buku “Mendidik Anak Cara Rasulullah” .
Dari sekian peserta pelatihan, ada yang masih bingung untuk menulis sebuah berita maupun feature, karena baru pertama kalinya melakukan hal tersebut. Untuk itu pelatihan semacam ini amat sangat mendukung tugas PR, terutama di unit-unit, atau fakultas. Adapun kelanjutan komunikasi antar humas lintas fakultas bisa selalu terhubung melalui fbgroup Humas Lintas Fakultas.

(by Syamsul Hidayat)

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*