Sep 17 2011

Selalu Lebih Baik

Published by at 8:35 am under Tajuk

Ramadhan Mubarak 1432 H telah berlalu, tibalah Syawwal yang kini kita jalani. Segenap redaksi UII News menyampaikan Taqabbalallahu minna wa minkum, Ja'alanallah Minal 'Aidin wa al-Faizin (Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan anda, Semoga Allah menjadikan kita termasuk golongan orang yang kembali fitrah dan orang yang beruntung), Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Syawwal secara bahasa bermakna meningkat atau mengangkat. Ini maknanya bahwa setelah jasmani dan rohani kaum mukmin menempuh pendidikan dan training dengan menjalankan ibadah puasa dan berbagai ibadah lain yang menyertainya selama satu bulan penuh, diharapkan kualitas pribadinya meningkat pada bulan Syawwal menjadi pribadi yang bertakwa. Ketika hal itu setiap tahun terulang pada kaum mukmin, mestinya kaum mukmin itu senantiasa lebih baik dan lebih baik. Dan itulah memang standar yang ditetapkan ajaran Islam, sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW yang intinya adalah harus selalu menuju lebih baik, hari ini harus lebih baik daripada kemarin, hari esok harus lebih baik daripada hari ini, dan seterusnya.

Al-Ghazali pernah bertanya kepada para muridnya, “Apa yang paling jauh dari diri kita di dunia ini?". Murid -muridnya ada yang menjawab bulan, matahari, dan  bintang-bintang. Lalu Imam Ghozali menjelaskan bahwa semua jawaban yang  mereka berikan adalah benar. Tapi yang paling benar adalah MASA LALU.  Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak bisa kembali ke masa lalu. Ini menunjukkan betapa berharga dan bernilainya waktu. Oleh sebab itu, kita harus mengisi hari ini dan hari-hari  yang  akan datang dengan aktivitas yang selalu lebih baik dan sesuai dengan tuntutan Islam.

Untuk mencapai selalu lebih baik, di antara upaya yang perlu dilakukan adalah membuat planning (rencana), baik itu individu atau organisasi. Dalam aliran teleologi, suatu rencana dipercaya dapat memacu terjadinya perubahan menuju lebih baik. Ini karena, suatu rencana yang baik, yang didukung oleh target-target yang terkendali dapat menggerakkan seluruh energi ke titik yang sama. Ini artinya, planning merupakan sesuatu yang sangat penting untuk melakukan perubahan. Namun sayangnya, kebanyakan manusia jarang membuat perencanaan hidup secara matang. Hidup dilalui mengalir saja. Hal sama juga terhadap ibadah yang dilakukan. Semua dijalani mengalir begitu saja tanpa adanya manajemen hidup dan ibadah yang baik. Akibatnya, hidup yang ditempuh seperti jalan di tempat. Tidak ada peningkatan berarti. Oleh karena itu, kita harus membuat rencana yang baik dengan didukung manajemen yang baik, sehingga hidup dan ibadah kita dapat selalu lebih baik.

Dalam bulan-bulan ini, semua fakultas di UII menggelar RAKORJA (Rapat Koordinasi Kerja) –setelah sebelumnya digelar RAKORJA tingkat universitas-- untuk menyusun RKAT (Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan) Tahun 2012 yang akan dilaksanakan mulai Januari 2012. Rencana yang dapat memacu perubahan menuju lebih baik adalah rencana yang mengandung tiga hal, yaitu: filosofi, prioritas, dan disiplin. Filosofi diperlukan untuk menetapkan apa yang menjadi landasan berpikir untuk melihat masa depan di tengah-tengah ribuan pilihan yang sama pentingnya. Prioritas diperlukan untuk menetapkan mana yang paling penting di antara hal-hal yang penting dilakukan. Disiplin diperlukan karena ia merupakan modal penting untuk perubahan. Disiplin tidak efektif kalau hanya sendiri, ia harus berteman dengan budaya, sehingga yang muncul adalah budaya disiplin (culture of discipline). Kita semua berharap bahwa rencana kerja yang dirumuskan nantinya mengandung tiga hal tersebut dan dapat mengantarkan UII selalu lebih baik pada masa mendatang.

Dalam bulan ini, perpustakaan yang sering disebut sebagai jantungnya institusi pendidikan tinggi menempati gedung baru yang juga lebih baik. Gedung perpustakaan yang megah dan elok, diisi dengan koleksi yang lengkap dan multi disiplin, akses yang sangat mudah dan berdekatan dengan masjid, dilengkapi museum dan candi yang dapat menjadi obyek wisata, semoga itu semua menjadi magnet kuat untuk menarik minat civitas akademika UII untuk berbondong-bondong mengunjungi perpustakaan dan berbagai kelengkapannya. InsyaAllah pada edisi mendatang, kami berencana menghadirkan laporan yang lengkap tentang perpustakaan kita yang baru dengan berbagai fasilitasnya. Semoga hadirnya perpustakaan dengan konsep baru tersebut membawa UII menjadi lebih baik. Semoga Allah meridoi semua rencana kita dan menyukseskan kita (dengan limpahan rahmat dan inyah-Nya untuk mewujudkannya dan menjadikan kita selalu lebih baik. Amin.
UIINews by Nur Kholis

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*