Jun 17 2011

BERMUTU DAN BERPRESTASI

Published by at 8:22 am under Tajuk

Bermutu bermakna berkualitas. Berkualitas bermakna bagus dan baik. Dalam bahasa agama, ajaran yang erat dengannya adalah ajaran ihsan yang substansinya  an ta’buda Allaha kaannaka tarahu, Wain lam takun tarahu, fainnahu yaraka. Anda beribadah kepada Allah seakan Anda melihat-Nya; Dan meskipun Anda tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihat Anda. Allah juga menegaskan dalam al-Qur’an tentang kualitas ini, misalnya QS al-Mulk: 2, Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. (QS al-Mulk: 2). Dalam ayat lain Allah menegaskan, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan. (QS Ali Imran: 148).

Dalam ayat tersebut, Allah tidak menyebut aksaru a’mala (paling banyak amalnya), tetapi ahsanu a’mala (yang paling baik amalnya). Di sini yang ditekankan bukan kuantitas perbuatan, tetapi yang ditekankan adalah kualitas. The quality of action, bukan quantity of action. Itu yang disebut the best achievement, prestasi yang terbaik. Untuk dapat memiliki the best achievement, ada dua hal yang perlu dilakukan; pertama be outstanding person, bukan manusia average (rata-rata). Yang kedua adalah be extra ordinary, jadilah orang yang di luar kebiasaan, sekaligus orang yang luar biasa. Misalnya ketika rata-rata orang dan kebiasaannya dalam bekerja, pokoknya pekerjaannya terlaksana, tetapi yang outstanding benar-benar melaksanakan pekerjaannya dengan kualitas terbaik dan bertanggung jawab. Itulah kira-kira yang dimaksud QS al-Mulk: 2, dan pekerjaan yang berkualitas itulah yang Allah sukai.

Dengan demikian kualitas atau mutu itulah sebenarnya yang menjadikan hidup kita bermakna. Hidup memang harus bermutu, bermutu dalam amal ibadah, bermutu dalam bekerja, bermutu dalam berkarya, bermutu dalam berbagai halnya. Hasil pekerjaan bermutu akan mengantarkan pelaksananya pada kemuliaan di mata Allah SWT maupun di mata manusia. Wujudnya dapat berupa penghargaan, hadiah, award, dan lain-lain. Hal itu misalnya telah dicapai oleh Prof. Mahfud yang bulan ini mendapat penghargaan Bethara Indra, kami atas nama kru UII News mengucapkan selamat atas apresiasi tersebut. Sebelum itu, pada tahun 2009 beliau juga mendapat berbagai penghargaan yang hampir bersamaan yaitu The Most Captivate East Java Person dari JPMC Surabaya, UII Award dari UII,  Khaira Ummah Award dari  UNISSULA, Man of The Year dari Global-TV, dan People of The Year dari Koran SINDO. Bulan lalu Prof. Sarwidi menerima ATAKI Award, Melinda mendapat PIN Emas Alumni UII karena lulus dengan IPK 4. Bulan ini Bu Primanita mendapat The Oustanding Academic Award SAP 2010 South Asia, mabrur (mahasiswa tarbiyah FIAI) juara esai nasional, mahasiswa Psikologi juara 3 debat psikologi, teknik industri juara ISEA. Itu semua merupakan ganjaran terhadap kerjanya yang dinilai bermutu. Kami mengucapkan selamat atas semua prestasi tersebut.

Untuk membangun suatu hasil yang selalu bermutu dalam lingkungan kita, diperlukan pribadi-pribadi yang berkomitmen pada mutu. Budaya selalu bermutu itu dapat dihasilkan oleh pribadi yang komitmen. Tanda-tanda orang yang berkomitmen menurut Prof. Amin Abdullah, adalah memiliki tanggung jawab (sense of responsibility), disiplin diri (self-discipline), motivasi tinggi (high motivation), rasa memiliki (sense of belonging), loyalitas (loyalty), partisipasi aktif (active participation), dan kontribusi konstruktif (constructive contribution).

Wujud dari komitmen itu melahirkan pribadi yang (1) berorientasi pada kualitas & keunggulan dalam setiap aktivitas & karya yang dihasilkan, (2) senantiasa menjaga & membela nama baik institusi  & membangun citra positif institusi di mata publik, (3) terlibat aktif secara suka rela dalam berbagai agenda & program kerja yang diarahkan untuk mewujudkan visi institusi, melaksanakan misi institusi, mencapai tujuan & sasaran institusi, (4) senantiasa mengembangkan keilmuan sesuai dengan core competence, (5) selalu aktif dalam berbagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan demi kemajuan peradaban & kesejahteraan umat manusia.

Semoga kita dapat menjadi pribadi yang komitmen sehingga selalu dapat berkata, bersikap, dan bertindak secara bermutu, pada akhirnya membawa prestasi yang mengharumkan UII. Semoga Allah senantiasa menjayakan mutu dan prestasi UII dan selalu melimpahkan barakah pada UII dan semua civitas akademikanya. Amin

Pemred UIINews: Nur Kholis

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*