Nov 27 2006

Ilmu dan Iman

Published by at 8:20 am under Hikmah Ilmu

Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang orang yang beriman diantara kamu dan orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Qs Al-Mujadillah:11).
Ayat diatas sesungguhnya memberi pesan yang dalam kepada kita sebagai manusia,perlu diingat bahwa kitalah makhluk yang di ciptakan sesempurna mungkin oleh Allah SWT,salah satu kelebihan kita dari makhluk lainnya adalah dengan diberikanya akal pikiran dan hawa nafsu. Namun sungguh naaslah manusia yang menggunakan kelebihan tersebut dengan tidak benar. Orang yang mempunyai ilmu pengetahuan dan dilandasi oleh iman yang kuat, maka mereka cenderung akan perubahan yang terjadi di sekelilingnya dengan bijaksana dan adil.
Akan tetapi perlu digaris bawahi bahwasanya orang yang diberi ilmu pengetahuan yang berlimpah namun tidak di dampingi dengan iman yang kuat, maka ilmu yang telah di dapatkan tidak akan memberi dampak yang signifikan dalam hidupnya. Fenomena yang terjadi saat ini dapat dijadikan contoh misalnya saja dengan maraknya penipuan yang terjadi belakangan ini dengan bermacam-macam modus dan trik yang digunakan oleh para pelakunya, hanya dengan ilmu dan keahlian yang ia milikilah ia dapat melakukanya. Contoh lain adalah kondisi bangsa kita yang terkenal dengan tingkat korupsi yang tinggi.
Sangat tidak mungkin tindakan korupsi dengan nilai jutaan, bahkan miliaran rupiah dilakukan oleh seseorang yang hanya lulusan SD ataupun SMP. Tindakan korupsi tersebut kebanyakan dilakukan oleh orang yang sudah mengenyam tingkat pendidikan yang tinggi dan ilmu pengetahuan yang luas, tetapi tidak dilandasi oleh kadar keimanan yang kokoh terhadap Allah SWT.
Perlu di ketahui orang yang mempunyai harta tetapi tidak mempunyai ilmu maka harta itu akan menipu dirinya sendiri. Seseorang yang mempunyai kekuasaan akan tetapi ilmu yang ia miliki tidak mumpuni untuk mengemban amanah tersebut maka kekuasaan itu akan menjajah dirinya. Dan mempunyai segala sesuatu apapun tanpa ilmu maka kehinaan dan kesengsaraan akan menimpa dirinya baik di dunia dan di akhirat.
(Cahya Maulana )

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*