Jun 12 2006

Cinta Sesama

Published by at 3:56 pm under Hikmah

Seandainya seluruh umat Islam dipenjuru dunia ini saling menyayangi, tentu dunia menjadi tentram. Namun sayang, yang terjadi saat ini adalah sebaliknya. Umat Islam saling curiga memfitnah, merampas hak-hak saudaranya (melalui korupsi, kolusi, nepotisme, dan suap), membunuh, memperkosa, menipu, dan kezaliman lainnya.
Padahal Rasullah SAW bersabda, ''Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian, sehingga ia mencintai saudaranya seperti apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri.'' (HR Muslim).
Jika antara umat Islam saling menzalimi -lantaran perbedaan partai, organisasi dan nasab- lalu siapakah yang akan membela kita? Padahal musuh-musuh Allah SWT senatiasa menekan dan bersatu-padu memusuhi dan menghancurkan umat ini dari segala arah.
Kita adalah umat yang satu. Islam ibarat satu tubuh, jika salah satu anggota tubuh ada yang sakit, maka yang lainnya ikut merasakan sakit. Untuk menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang, Rassullah SAW telah memberikan tuntunan.
Pertama, mengucapkan salam dan berjabat tangan ketika bertemu. ''Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Dan kalian tidak akan beriman sehingga kalian saling mencitai. Maukah saya tunjukan satu cara yang jika kalian lakukan, kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam.'' (HR Muslim).
''Tidak ada dua orang Muslim yang bertemu lalu saling berjabat tangan kecuali diampuni dosa mereka sebelum berpisah.'' (HR Abu Daud). Alangkah indahnya, seandainya umat Islam setiap kali berjumpa sesama Muslim, meski berbeda partai, organisasi dan profesi, berjabat tangan dan mendoakan melalui salam.
Kedua, memberikan senyum yang tulus ketika berjumpa. Seyum yang ramah menyejukkan hati yang melihatnya. Karena itu Rassullah SAW bersabda, ''Senyum di depan wajah saudaramu adalah sedekah.'' (HR Tirmidzi).
Ketiga, bersilahturahmi dan mengunjunginya ketika sakit. Orang yang sakit akan merasa terhibur ketika dikunjungi dan ikatan cinta akan semakin erat saat orang yang sakit tersebut kembali sembuh. Demikian pula jika kita meluangkan waktu berkunjung ke rumah saudara kita sesama Muslim. ''Kunjungilah saudaramu, maka cintamu akan bertambah.'' (HR Bukhari).
Keempat, ''Jika salah salah seorang di antara kalian mencintai saudaranya, maka ungkapkanlah.'' (HR Ahmad). Dengan mengungkapkan rasa cinta kita, maka dia akan tahu bahwa kita menyayanginya.
Kelima, ''Saling memberi hadiahlah niscaya kamu akan saling mencintai.'' (HR Bukhari). ''Berilah hadiah, karena hadiah mendatangkan cinta kasih dan menghilangkan rasa benci.'' (HR ad-Dailami).
Dengan mengamalkan lima pesan Rasulullah SAW di atas, insya Allah kasih sayang di antara umat Islam semakin erat. Dan kita akan merasakan betapa indahnya hidup dalam cinta.

Hikmah Republika by Muhammad Zaenuri

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*