Aug 22 2005

Ketenangan

Published by at 1:17 pm under Hikmah

Ketenangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dalam menjalani hidup. Ia sangat mempengaruhi perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang yang memiliki ketenangan, kehidupannya akan lebih teratur dan terarah. Sebaliknya, orang yang tanpa ketenangan, hidup yang dijalaninya seperti penderitaan yang tidak berakhir. Semua langkah yang dijalaninya terasa sempit dan selalu salah.
Ketenangan dalam hidup bagi seorang Muslim adalah salah satu anugerah dan nikmat dari Allah. Hal ini sebagaimana Allah jelaskan dalam firman-Nya, ''Dia-lah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang Mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.'' (QS al-Fath : 4).
Ayat tersebut dengan sangat gamblang menjelaskan bahwa salah satu syarat Allah menurunkan ketenangan kepada kita adalah kita harus beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Iman dalam arti yang sesungguhnya, adalah memurnikan ketaatan hanya kepada Allah dan Rasul-Nya serta berusaha seoptimal mungkin melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi segala yang dilarang-Nya.
Allah berfirman, ''Katakanlah hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. Katakanlah, Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama. Dan aku diperintahkan supaya menjadi orang yang pertama-tama berserah diri.'' (QS az-Zumar: 10 -12).
Murninya keimanan dan ketakwaan inilah yang sesungguhnya mengundang datangnya ketenangan dalam hidup kita. Hal ini sebagaimana Allah jelaskan dalam ayat lainnya, ''Ketika orang-orang kafir menanamkan dalam hati mereka kesombongan (yaitu) kesombongan jahiliyah lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang Mukmin, dan Allah mewajibkan kepada mereka kalimat takwa, dan adalah mereka berhak dengan kalimat takwa itu dan patut memilikinya. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.'' (QS al-Fath: 26).
Selain itu, Allah pun mengajarkan bahwa untuk meraih ketenangan tersebut, manusia juga dituntut untuk memperbanyak dzikir, mengingat Allah. Allah SWT berfirman, ''...(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.'' (QS ar-Ra'ad: 28).
Di tengah banyaknya tantangan dan masalah seperti sekarang ini, semestinya kita bergiat untuk memurnikan keimanan dan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya seraya memperbanyak taubat dan zikir. Semoga dengan demikian, Allah memberikan ketenangan kepada kita sehingga dapat berbuat dan memperbaiki bangsa dan umat ini. Kita juga semoga dapat memberikan solusi untuk membawa bangsa dan umat ini ke arah yang lebih baik.
(Hikmah Republika by Mulyana)

No responses yet

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply

*